Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Pemerintah Daerah, Emmirzyan (kanan) didampingi Kepala Disperindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Guna meningkatkan jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang onboard di ekosistem digital, Tokopedia menggandeng Dekranasda Denpasar dan PT. Pos Indonesia untuk menggelar “Kelas Maju Digital.” Sebanyak 150 pelaku usaha yang merupakan binaan Dekranasda Denpasar ikut dalam kegiatan sehari ini, Rabu (27/9) di Gedung Sewaka Dharma, Denpasar.

Menurut Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Pemerintah Daerah, Emmirzyan, pelaku usaha yang ikut dalam kegiatan ini sebagian besar belum onboarding di ekosistem digital. Dalam artian, pelaku usaha ini belum memiliki toko online di platform e-commerce. Diharapkan lewat pelatihan ini, para pelaku usaha tertarik untuk bergabung ke ekosistem digital karena manfaatnya sangat besar untuk pengembangan usaha mereka.

Baca juga:  Kasus Baru Postif Covid -19 Ditemukan di Kecamatan Gerogak

“Bagi yang belum memilik toko online diharapkan bisa mendaftar. Sedangkan untuk yang telah memiliki bisa makin berkembang usahanya lewat Kelas Maju Digital ini,” jelasnya.

Ia mengatakan pelaku UMKM di Denpasar dan Bali pada umumnya sangat potensial untuk melirik pasar digital sehingga produk yang dipasarkan tidak hanya untuk masyarakat Denpasar dan Bali saja. Mereka bisa mendapatkan pesanan dari berbagai provinsi di Indonesia dan produknya juga lebih dikenal. “Sebagian besar yang hadir dalam Kelas Maju Digital ini belum onboard (masuk ke ekosistem digital, red). Tokopedia memiliki kewajiban dalam mendorong pelaku usaha untuk go digital. Salah satunya lewat pelaksanaan Kelas Maju Digital yang sudah beberapa kali juga digelar di Bali,” ungkapnya.

Baca juga:  Longsor, Akses Jalan ke Candi Tebing Tertutup

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari, menyambut baik upaya membantu pelaku UMKM Denpasar untuk go digital. Ia berterima kasih pada Tokopedia dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Diharapkan melalui kelas ini, pelaku usaha bisa lebih memahami trik untuk sukses di dunia digital karena ia menilai hal itu wajib dilakukan di era sekarang ini.

Dalam Kelas Maju Digital ini, pelaku UMKM diberikan pelatihan oleh pihak Tokopedia, PT Pos Indonesia, dan salah satu perwakilan UMKM yang sudah memiliki toko di Tokopedia. Acara dibuka oleh Sekda Kota Denpasar, Alit Wiradana, yang mewakili Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara. (Diah Dewi/balipost)

Baca juga:  Ramadan, Produk Hampers dan Parsel Paling Dicari
BAGIKAN