Taman Nasional Baluran. (BP/Antara)

SITUBONDO, BALIPOST.com – Akibat kebakaran hutan dan lahan, objek wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, ditutup sementara bagi pengunjung wisata pada 25-30 September 2023. Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan mengatakan pihaknya mengeluarkan surat edaran penutupan sementara objek wisata alam Taman Nasional Baluran sejak Senin (25/9), karena khawatir mengganggu wisatawan.

“Jadi kebakaran hutan dan lahan itu terjadi di atas Gunung Baluran kawasan wisata sejak Senin (25/9) siang dan sampai sore hari ini petugas kami berusaha memadamkan api,” kata Johan saat dihubungi di Situbondo, Jawa Timur, dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa (26/9).

Baca juga:  Diduga, Ini Penyebab Kebakaran Hutan TWA Gunung Batur

Penutupan sementara kunjungan wisata Taman Nasional Baluran ini berdasarkan kondisi di lapangan yang saat ini sedang terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Gunung Baluran sebelah timur yang berdekatan dengan lokasi wisata jalur 1 (Batangan-Bekol-Bama).

Demi keamanan dan operasi pengendalian kebakaran hutan maka Balai Taman Nasional Baluran menyampaikan kepada seluruh wisatawan pengunjung bahwa objek dan daya tarik wisata alam pada kawasan Taman Nasional Baluran dinyatakan ditutup.

Baca juga:  Mancing di Situbondo, Nelayan Hanyut hingga Selat Bali

“Saat terjadi kebakaran kemarin, petugas kami langsung berusaha memadamkan api, tapi karena angin yang bertiup kencang membuat api cepat menjalar,” kata Johan. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN