Petugas GraPARI sedang melayani seorang penyandang disabilitas. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Telkomsel mendorong upaya peningkatan inklusifitas pada operasional titik layanan pelanggan. Belasan GraPARI menghadirkan layanan khusus bagi pelanggan Telkomsel dari temantuli (penyandang tunarungu) di sejumlah titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit, untuk tahap awal, 19 GraPARI akan menyediakan layanan tersebut. Langkah ini merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengimplementasikan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) yang berkelanjutan terutama di lingkup sosial.

Telkomsel senantiasa memastikan hadirnya layanan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat, melalui penyediaan operasional layanan yang semakin ramah bagi penyandang disabilitas di Tanah Air.

“Menurut data terbaru dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat sekira 22,97 juta atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia merupakan penyandang disabilitas. Hal tersebut mendorong pentingnya komitmen seluruh elemen bangsa untuk menghadirkan aksesibilitas yang sesuai bagi penyandang disabiltas,” jelasnya dalam rilis yang diterima.

Baca juga:  Dorong Tranformasi Digital, Mitra UMKM Dibantu Layanan Internet

Untuk itu, bersamaan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional yang biasa diperingati setiap 23 September, serta sebagai bagian dari upaya dalam memperkuat aspek keadilan dan persamaan hak kepada penyandang disabilitas untuk mendapatkan pengalaman yang setara, Telkomsel terus berupaya menghadirkan layanan pelanggan yang lebih baik dan ramah bagi masyarakat penyandang disabilitas. Salah satunya melalui penyediaan layanan khusus yang akan memberikan kemudahan aksesibilitas bagi teman tuli di sejumlah layanan pelanggan GraPARI.

Baca juga:  Diluncurkan, Tcash Wallet Lintas Operator Telekomunikasi

Saat ini 19 titik GraPARIyang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah GraPARI Renon Denpasar (Bali). Ke depannya, Telkomsel secara bertahap akan memperluas inisiatif ini dengan menghadirkan lebih banyak titik layanan pelanggan inklusif yang ramah bagi masyarakat tuli dan penyandang disabilitas di Tanah Air dengan secara konsisten melakukan pelatihan peningkatan kapabilitas bahasa isyarat ke seluruh petugas layanan di semua GraPARI.

Dalam inisiatif menghadirkan layanan pelanggan GraPARI yang ramah bagi masyarakat tuli, Telkomsel berkolaborasi dengan Silang.id. Melalui kolaborasi tersebut, para petugas layanan Telkomsel memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat yang dapat memudahkan komunikasi Teman Tuli untuk berinteraksi dengan petugas.

Selain para petugas layanan GraPARI Telkomsel yang sudah dibekali dan memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat, layanan pelanggan GraPARI juga akan dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur khusus untuk teman tuli yang menyediakan informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses. Pelanggan teman tuli dapat dengan leluasa mengunjungi GraPARI untuk melakukan beragam kebutuhan akan layanan Telkomsel, seperti pembelian simcard prabayar, ganti kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), maupun kebutuhan produk dan layanan lainnya.

Baca juga:  Komit Turunkan Angka Balita Stunting, Pj. Ketua TP PKK Bali Sambangi Tabanan

“Kami berharap kehadiran inisiatif ini mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan, khususnya pelanggan teman tuli dalam berkomunikasi, sehingga mendapatkan pengalaman layanan unggulan dari Telkomsel yang dapat semakin mendorong semangat kebersamaan untuk beraktivitas keseharian,” harapnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN