PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Sub Regional 3 Bali Nusra gelar Pelindo Donor Darah di Pelabuhan Benoa pada Jumat, 22 September 2023 bekerjasama dengan PMI Provinsi Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Sub Regional 3 Bali Nusra gelar Pelindo Donor Darah di Pelabuhan Benoa pada Jumat, 22 September 2023 bekerjasama dengan PMI Provinsi Bali. Selain dilaksanakan di Pelabuhan Benoa, kegiatan Pelindo Donor Darah ini juga dilaksanakan oleh Pelindo Group secara seri di pelabuhan terbanyak yaitu dengan jumlah total 35 Pelabuhan di seluruh Indonesia yang berlangsung mulai tanggal 20 – 22 September 2023.

Kegiatan yang mengusung tema “Berbagi Darah Selamatkan Kehidupan” ini berkolaborasi dengan Serikat Pekerja Pelindo Bersatu dan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat dan tidak hanya diikuti oleh pegawai Pelindo saja namun juga oleh masyarakat umum.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan 2 tahun Merger Pelindo, selain donor darah juga ada Pelindo Run & Ride bagi pegawai dan umum yang telah berlangsung dr September ini,” ungkap Ali Sodikin selaku Sub Regional Head Pelindo Sub Regional 3 Bali Nusra.

Baca juga:  Masuk Tanpa Identitas, Anak Jalanan Dipulangkan

Kegiatan Pelindo Donor Darah ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Pelindo dalam memperingati Perayaan 2 Tahun Merger Pelindo. “Donor darah ini menjadi bentuk kepedulian kita kepada sesama yang membutuhkan. Menjadi pendonor darah merupakan salah satu kontribusi nyata kita untuk menolong sesama dalam memenuhi kebutuhan darah bagi pasien,” ungkap Edi Priyanto, Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal, selaku Ketua Panitia Hari Pelindo 2023.

Selain menyelamatkan nyawa pasien yang membutuhkan darah, donor darah juga memiliki segudang manfaat bagi pendonornya, diantara meningkatkan Kesehatan jantung, mengaktifkan produksi sel darah baru dan memperoleh pemeriksaan Kesehatan secara gratis.

Baca juga:  Utang Pemerintah

Dari total 70 orang yang mendaftar donor darah, 50 berhasil mendonorkan darahnya dan terkumpul 50, kantong darah dengan data golongan darah A sebanyak 10 kantong, B sejumlah 14 kantong, AB sebanyak 3 (tiga) kantong dan golongan darah O sejumlah 23 kantong.

Pelindo Donor Darah ini dilaksanakan mulai dari Pulau Sumatera yang berlokasi di Pelabuhan Belawan (Medan), Pelabuhan Gunung Sitoli, Pelabuhan Sibolga, Pelabuhan Tanjung Pinang, Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Pelabuhan Palembang, Pelabuhan Teluk Bayur (Padang), Pelabuhan Bengkulu, Pelabuhan Panjang (Lampung), Pelabuhan Dumai dan Pelabuhan Jambi. Kemudian di Pulau Jawa berlokasi di Jakarta (Museum Maritim, Pelindo Tower dan Indonesia Kendaraan Terminal), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya), Pelabuhan Tanjung Intan (Cilacap), Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang), Pelabuhan Tanjung Tembaga (Probolinggo), dan Pelabuhan Gresik.

Baca juga:  Hadapi Perlambatan Ekonomi, Daya Tahan Krama Bali Maksimal Enam Bulan

Selanjutnya di Pulau Kalimantan dilaksanakan di Pelabuhan Pontianak, Pelabuhan Trisakti (Banjarmasin), Pelabuhan Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat), Pelabuhan Sampit (Kotawaringin Timur), Pelabuhan Kotabaru, dan Pelabuhan Balikpapan. Kemudian di Pulau Sulawesi dilaksanakan di Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Bitung. Terakhir ada di Benoa Cruise Terminal (Denpasar), Pelabuhan Bima, Pelabuhan Lembar (Lombok Barat), Pelabuhan Tenau (Kupang), Pelabuhan Celukan Bawang (Buleleng), Pelabuhan Yos Soedarso (Ambon), Pelabuhan Sorong (Papua Barat) dan Pelabuhan Ternate. (bns/balipost)

BAGIKAN