Ni Kadek Heni Prikasih. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Atlet taekwondo Bali asal Badung, Ni Kadek Heni Prikasih (kyorugi -49 kg), dijadwalkan berlaga pada Asian Games (AG) XIX/2023, di Hangzhou, Cina, 23 September – 8 Oktober. Selain menerjunkan Kadek Heni, timnas Merah-Putih juga mengirimkan Megawati Tamesti Maheswari (kyorugi -53 kg) dan M. Bassam Raihan (kyorugi -63 kg).

Sekum Pengkab Taekwondo Indonesia (TI) Badung, Arnold Makasau Rivai, di Badung, Selasa (19/9), mengemukakan, pihaknya baru saja mengontak pengurus PB TI, yang menginformasikan bahwa Indonesia mengutus tiga atlet taekwondo, pada hajatan multievent empat tahunan antarnegara di Asia. “Bahkan, Kadek Heni ditargetkan mendulang emas,” tutur Arnold.

Baca juga:  Selama Agustus, Terjadi 12 Kasus Kebakaran Lahan di Kubu

Ia mengakui, pada SEA Games XXXII/2023 di Kamboja, Kadek Heni yang ditargetkan menyabet emas, justru kalah tipis di final, dan hanya menyumbang perak.

“Meskipun hanya merebut perak, Kadek Heni tetap dipatok emas pada AG. Apalagi, Kadek Heni bercokol pada ranking 39 dunia,” ucap Arnold.

Ia mengakui, sosok Kadek Heni merupakan satu-satunya taekwondoin Bali yang mendulang emas, pada PON XX/2021, di Papua. “Kadek Heni menyumbang emas di kyorugi -46 kg, dan cukup lama menghuni pelatnas,” katanya.

Baca juga:  Pembunuhan Bayi Kembar, Prarekonstruksi Digelar

Kadek Heni mulai bergabung ke pelatnas sejak kelas 2 SMA, sekitar 6-7 tahun silam. “Bahkan, Kadek Heni juga sedang berburu tiket Olimpiade Paris 2024. Terbukti, Kadek Heni bertarung pada event internasional
seperti di Bulgaria dan sempat merebut emas, pada salah satu kejuaraan internasional,” jelasnya.

Kadek Heni juga pernah try out ke Australia dan Korea.
Arnold menyebutkan, Kadek Heni bertanding di AG mulai 25 September, dan balik ke Tanah Air 1 Oktober. “Sepulang dari AG, Kadek Heni tampil membela Bali pada Pra PON, di Cibubur, Jakarta, Oktober,” terang dia.

Baca juga:  Heni Prikasih Proyeksi SEA Games

Sementara atlet Indonesia lainnya, Megawati mendulang emas, di SEA Games Kamboja 2023, pasca di laga pamungkas menaklukkan Chutikan Jongkolattanawattana (Thailand), dan seorang lagi atlet timnas Bassam Raohan meraih perunggu. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN