Pemkab Badung berencana melengkapi Tsunami Shelter dengan diorama Maestro Wayan Lotring. (BP/Par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung, bakal membangun diorama maesto asal Kuta I Wayan Lotring. Miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan komposer handal dari Kuta ini akan dibangun di Tsunami Shelter Pantai Kuta.

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta mengatakan, telah memerintahkan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat untuk segera mewujudkan rencana tersebut. “Saya perintahkan PUPR untuk membangun diorama Wayan Lotring dibangun di Tsunami Shelter,” ujar Giri Prasta, Sabtu (16/9).

Baca juga:  Gubernur Koster Ajak KB FKPPI Bali Solid dan Berkontribusi ke Masyarakat

Bupati Badung, Giri Prasta mengakui, kepariwisataan Kuta terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Kendati demikian, kesenian tradisi tetap hidup dan terjaga dengan baik hingga saat ini. Bahkan, maestro gamelan palegongan Wayan Lotring juga berasal dari Kuta, tepatnya di Banjar Tegal. Dimana salah satu karyanya yang fenomenal adalah Gending Palegongan Layar Samah.

“Pembangunan diorama Wayan Lotring tersebut untuk menghormati warisan gamelan palegongan yang fenomenal karya almarhum yaitu Layar Samah,” tegasnya.

Baca juga:  Jambret Puluhan TKP Ditembak

Menurutnya, pembangunan diorama Maestro Wayan Lotring sebagai wujud kecintaan masyarakat dan pemerintah setempat pada almarhum. Keberadaan diorama ini nantinya untuk menunjukan kepada generasi muda dan wisatawan bahwa Badung memiliki seorang maestro ternama.

“Dengan adanya diorama itu, maka generasi muda kita dan wisatawan akan mengetahui bahwa Badung punya maestro gamelan palegongan yang berasal dari Kuta,” ujarnya.

Seperti diketahui, I Wayan Lotring dikenal sebagai seniman pembaru gamelan Bali. Karya komposisinya yang fenomenal adalah gending palegongan. Berbekal pengalaman berguru dari banjar ke banjar, Lotring menciptakan suatu komposisi gending palegongan dengan nuansa yang berbeda dari gending-gending yang sudah ada. (Parwata/Balipost)

Baca juga:  Swab Test Bagi Para Guru di Badung Dimulai
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *