BPBD-Damkar Kabupaten Bangli mengisi air ke bak penampungan air milik Desa Siakin. (BP/Ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Warga Desa Siakin, Kintamani mengalami krisis air bersih akibat mengecilnya debit sumber mata air desa setempat. Untuk membantu mengatasi kesulitan air yang dihadapi warga Siakin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Kabupaten Bangli Jumat (15/9), mengirim ribuan liter air bersih ke desa tersebut.

Perbekel Desa Siakin I Gede Disi mengatakan, krisis air bersih sudah dialami warganya sejak sekitar empat hari terakhir. Kondisi itu terjadi akibat debit sumber air mengecil sehingga tidak bisa lagi mengalir ke bak penampungan milik desa. Saat ini bak penampungan air desa sudah kosong. “Selain karena debit mengecil juga karena pipa yang digunakan untuk mengaliri air dari sumber ke bak penampungan di desa rusak akibat tertimpa pohon,” ungkapnya.

Baca juga:  Mulai Musim Hujan, BPBD Himbau Antisipasi Potensi Bencana Alam

Terkait permasalahan tersebut, pihaknya telah melapor ke camat. Selanjutnya camat bersurat ke bupati meminta bantuan air bersih untuk warga Siakin. “Hari ini dari BPBD sudah menyuplai air bersih dengan tangki ke desa kami,” kata Disi. Air yang dibawakan BPBD ditampung pada bak milik desa.

Gede Disi mengungkapkan, selama ini warga Siakin memenuhi kebutuhan air dengan menampung air hujan. Ada juga yang mengambil dari sumber mata air yang lokasinya jauh di jurang. “ngambilnya masih pakai jeriken,” ujarnya.

Baca juga:  Alfamart dan Nestle Indonesia Berbagi dengan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Sebenarnya warga Siakin bisa memanfaatkan air bersih dari sumber mata air sambongan. Akan tetapi terkendala pipa. Dimana pipa PAM Desa yang sempat dirusak oleh oknum tidak bertanggungjawab sampai saat ini belum bisa diperbaiki karena kendala dana.

Sejak krisis air melanda Siakin, Disi mengaku dirinya terpaksa membeli dengan harga Rp 300 ribu untuk empat kubik air. Air tersebut hanya cukup untuk kebutuhan keluarganya selama satu Minggu. “saya sudah dua kali beli air,” ujarnya.

Pihaknya sangat berharap BPBD bisa menyuplai air bersih secara kontinyu selama krisis air melanda Siakin. Terlebih dalam waktu dekat, masyarakat Siakin akan menggelar upacara pujawali di Pura Puseh dan Bale Agung desa setempat. Tentunya dengan adanya upacara kebutuhan akan air bersih semakin meningkat.

Baca juga:  Jelang Pilkada, Kodim Pantau Situasi Wilayah

Kepala Pelaksana BPBD-Damkar Kabupaten Bangli I Wayan Wardana dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya Jumat kemarin telah mengirim satu tangki air bersih kapasitas lima ribu liter ke Desa Siakin. Pengiriman air dilakukan atas permintaan camat. Air yang dikirim ke Siakin diambil dari sumber di wilayah Susut. (Dayu Rina/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *