Reruntuhan bangunan pasca gempa yang mengguncang Maroko. (BP/Ant)

MAROKO, BALIPOST.com – Bantuan dari sejumlah negara, yakni Spanyol, Inggris, Qatar dan Uni Emirat Arab (UAE) menyusul gempa dahsyat bermagnitudo 7 pada Jumat (8/9) malam, telah diumumkan oleh Maroko.

Lewat pernyataan pada Minggu (10/9), Kementerian Dalam Negeri Maroko mengatakan bahwa pemerintah telah menerima tawaran bantuan dari empat negara untuk menerjunkan tim pencari SAR. Otoritas berhati-hati menaksir syarat yang diperlukan, dengan mempertimbangkan potensi konsekuensi kurangnya koordinasi dalam kondisi seperti pasca gempa, tulis pernyataan tersebut.

Baca juga:  Australia Bantu Alat Desalinasi untuk Nusa Lembongan

Dikutip dari kantor berita Antara, Senin (11/9), menyebutkan bahwa tim SAR tiba di negara tersebut pada Minggu untuk berkoordinasi dengan tim Maroko. Ditegaskan pula bahwa tawaran bantuan dari negara-negara sahabat lainnya akan diterima berdasarkan kebutuhan di lapangan.

Pemerintah Maroko juga menyampaikan terima kasih atas inisiatif yang disebarkan oleh sejumlah negara.

Sedikitnya 2.122 orang tewas dan 2.421 orang lainnya terluka saat gempa bermagnitudo 7 mengguncang Maroko pada Jumat malam.

Baca juga:  Bantu Warga Difabel, Polantas Ini Dipuji di Medsos

Gempa itu merupakan yang terkuat dalam satu abad terakhir yang melanda negara Afrika Utara tersebut, menurut Institut Geofisika Nasional Maroko. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *