Dinas Perhubungan Kabupaten Badung mensosialisasikan tata cara berkendara dan berlalulintas melalui kegiatan Dishub Goes to School serangkaian hari Perhubungan Nasional 2023. (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Badung, menggelar sejumlah kegiatan sosial serangkaian hari Perhubungan Nasional 2023. Kegiatan pertama diawali di SMAN 1 Kuta Utara (Sakura), dengan memberikan sosialisasi keselamatan transportasi dan tertib berlalu lintas.

Kepala Dishub Badung, Anak Agung Ngurah Rai Yuda Darma mengatakan, pihaknya ingin memberikan edukasi, pemahaman, berkenaan dengan tata cara berkendara dan berlalulintas melalui kegiatan Dishub Goes to School. Langkah ini untuk menekan angka kematian akibat kecelakaan berlalu lintas. Terutama untuk usia rentan yakni usia remaja.

Pihaknya berharap, ke depan angka kecelakaan lalu lintas yang merupakan penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia setelah HIV dan TBC dapat ditekan, sehingga generasi muda harapan bangsa tidak sia-sia di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas. Melalui kegiatan sosial yang digelar ini, pihaknya berharap bisa meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan mitra dinas, seperti kepolisian dari Polres Badung, Jasa Raharja, dan pihak sekolah.

Baca juga:  Hendak ke Sungai, Warga Temukan Kardus Berisi Mayat Bayi Membusuk

Dari pihak Jasa Raharja, hadir untuk memberikan materi tentang asuransi kecelakaan, Kemudian dari Polres Badung memberikan materi tentang keselamatan berkendara, legalitas kendaraan, sarana transportasi, tindakan saat terjadi pelanggaran. Sementara dari Dishub Badung, memberikan materi tentang fasilitas dan kelengkapan jalan, serta kebijakan-kebijakan yang bisa menyelamatkan generasi di usia remaja. Selain sosialisasi, juga dilakukan penyerahan Helm SNI sejumlah 5 buah kepada siswa-siswi SMA N 1 Kuta Utara oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten badung.

“Setelah sosialisasi di Sekolah, kita lanjut ke panti asuhan, melalui kegiatan dishub berbagi ke panti asuhan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak generasi muda disana. Mudah-mudahan mereka dengan keterbatasan yang dimiliki, kita bisa bantu sehingga ke depan mereka bisa menjadi generasi berguna bagi negara dan bangsa,” katanya.

Baca juga:  Bayi Ditaruh di Depan Panti, Pelakunya Diamankan

Rangkaian kegiatan Hari Perhubungan Nasional kata dia, akan berlanjut pada hari Jumat, dengan kegiatan gerakan bersih pantai, dan olahraga bersama di intern Dinas Perhubungan. Sementara pada tanggal 16 September dilaksanakan kegiatan terpusat di Benoa, yakni Gerak Jalan Santai.

“Dan hari Minggu pada puncak hari Perhubungan Nasional akan digelar apel peringatan di Benoa. Dimana semua insan perhubungan akan berkumpul merayakan,” terangnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kuta Utara, I Gst Nyoman Naranata, S.Pd., M.Pd., menyambut baik dan menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Perhubungan Badung bersama jajaran, Pihak Kepolisian dari Polres Badung, jasa Raharja yang telah memberikan edukasi, sosialisasi, arahan dan bimbingan kepada siswa SMAN 1 Kuta Utara. Terlebih, siswa-siswi sebagai generasi bangsa, harus diselamatkan. Seperti diketahui, angka kematian dari kecelakaan lalu lintas, cukup tinggi.

Baca juga:  Pascadugaan Kasus Pencabulan, Siswa Dikembalikan pada Keluarganya

“Tentu ini harus diselamatkan, generasi muda ini untuk bisa melanjutkan perjuangan dan pembangunan bangsa. Saya ucapkan terima kasih setinggi-tingginya, karena SMAN 1 Kuta Utara (Sakura), menjadi lokasi untuk sosialisasi ini. Selamat hari perhubungan Nasional tahun 2023, semoga apa yang menjadi visi-misi kedepan, bisa terealisasi dengan baik,” harapnya. (Adv/Balipost)

BAGIKAN