Upacara Tawur Nawa Gempang yang dilaksanakan di Catus Pata Desa Adat Tegallalang Senin (11/9). (BP/kmb)

GIANYAR, BALIPOST.com – Desa Adat Tegallalang akan menggelar upacara Karya Ngusabha Desa lan Ngusabha Nini di Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Tegallalang. Bendesa Adat Desa Tegallalang, Dewa Nyoman Rai Widiana di sela persiapan Upacara Tawur Nawa Gempang, Senin (11/9), mengatakan Karya Ngusabha ini diawali dengan pelaksanaan Tawur Agung Nawa Gempang di Catus Pata Desa Adat Tegallalang.

Dewa Rai menyampaikan Tawur Nawa Gempang ini sangat jarang dilakukan dalam sebuah upacara. Upacara Tawur Nawa Gempang ini dikaitkan dengan kejadian yang agak janggal dalam kurun waktu yang panjang seperti karena mati salah Pati, ulah Pati atau kejadian lain yang sifatnya bencana (biuta). Sesuai petunjuk Pinandita, akumulasi dari kejadian tersebut membuat jagat atau dunia ini cuntaka.

Baca juga:  Viral, Tiga Goa di Dukuh Keluarkan Abu, Hawa Panas dan Dingin

Ia menjalankan untuk itu Desa Adat Tegallalang menggelar Tawur Nawa Gempang. Simbol niasa dengan mengambil tanah jejumputan di masing-masing pekarangan rumah tempat publik dan parahyangan. Tanah tersebut diambil dari setiap sudut dan bagian tengah diambil dan disatukan dalam Catus Pata Desa Adat Tegallalang. “Dengan upacara yang lumayan besar dan sangat jarang dilaksanakan,” ucapnya.

Tanah jejumputan tersebut sebagai simbol akan diaben dan selanjutnya dilarung ke pantai. Banten tawur ini selaku pe-nyomya bhuta kala dan sifat-sifat buruk yang ada di buana alit dan buana agung.

Baca juga:  Dimulai, Rangkaian Karya Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur

Setelah pelaksanaan Tawur Nawa Gempang ini harapan masyarakat keadaan desa adat secara umum menjadi kondusif. “Dengan harapan pelaksanaan Upacara Karya Ngusabha Desa dan Ngusabha Nini di Desa Adat Tegallalang yang akan digelar selanjutnya bisa berjalan lancar,” jelas Bendesa Adat Desa Tegallalang.

Upacara Tawur Nawa Gempang di Catus Pata Desa Adat Tegallalang ini dipuput Ida Pedanda Putra Kekeran dan Ida Pedanda Budha Gunung Sari.(Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Anak Camat Kuta Tewas Tenggelam di Air Terjun Tegenungan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *