Kapolda Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Polda Bali menggelar acara simakrama Kapolda Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra dengan awak media di Mapolda, Denpasar, Jumat (8/9). Salah satu penekanan Kapolda Putra yakni pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

Ia mengatakan di tahun politik, tingkat penyebaran informasi semakin tinggi dan tidak jarang menimbulkan informasi hoax maupun isu-Isu yang provokatif. Hal inu juga memicu terjadinya polarisasi yang cukup ekstrem di tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada rekan-rekan awak media sekalian bahwa paradigma pers ke depan bukan hanya sebagai pemberi informasi, namun mampu berperan dalam penanganan hoax,” tegasnya.

Di samping itu, kata Irjen Putra, awak media
bukan hanya sekadar memberikan informasi, tapi juga harus mampu memberikan edukasi tentang menerima dan menelaah informasi yang bersifat hoax, khususnya menjelang pemilu 2024. Termasuk turut serta menjaga keharmonisan dan keutuhan masyarakat dengan menyebarkan informasi objektif dan terpercaya, mencerdaskan, mencerahkan serta menyejukkan masyarakat, khususnya di wilayah Bali.

Baca juga:  Tinggal Segini Desa/Kelurahan di Denpasar Masuk Zona Kuning, Pembukaan Sekolah akan Dibahas

“Mari kita bersama wujudkan Pemilu Tahun 2024 yang aman, damai dan sukses,” tutupnya.

Kapolda asal Tabanan ini berpesan ke Kabidhumas dan seluruh personel Polda Bali yang mengemban fungsi kehumasan senantiasa meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan awak media setempat. “Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin dinamis, kehadiran media semakin tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Melalui media, sebuah informasi dapat dengan cepat menyebar ke seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.

Baca juga:  Bali Kembali Masuk 10 Besar Sebaran COVID-19 Nasional, Koster Nilai Denpasar Ada di Posisi Bahaya

Sebagai pengemban fungsi pemeliharaan kamtibmas, tentunya Polda Bali fungsi kehumasan diemban Kabid Humas supaya memberikan penerangan dan informasi harus benar serta tidak ada rekayasa sehingga sampai di masyarakat untuk mewujudkan suatu ketenangan, adem dan damai. Polri di tengah masyarakat harus memberikan rasa aman dan hadir ditengah-tengah untuk mengamankan lingkungan.

Polda juga melaksanakan program Jumat Curhat dari Kapolri Kapolri diperkuat dengan Polisi Banjar. Bhabinkamtibmas dan Polisi Banjar turun ke masyarakat untuk mendengar keluhan-keluhan dari pada masyarakat dan mencegah jangan sampai masalah kecil tingkat RT mencuat hingga nasional.

Baca juga:  Dari Satpol PP Denpasar Tutup Cafe hingga Nang Oman Ditemukan Mengambang

“Dalam Commander Wish, saya menindaklanjuti perintah pimpinan Polri, selain Presisi kita (Polri) harus hebat. Hebat ini maknanya humanis dalam melaksanakan tugas, edukasi, bermoral tinggi, anti KKN dan tauladan. Jangan sampai anggota Polri bermoral brengsek, tidak ada gunanya di masyarakat. Jika terdapat kekurangan atau masih menyimpang akan tindak tegas serta jelas,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi aksi terorisme, pihaknya melakukan operasi tertutup dan atensi terhadap pergerakan mereka tetap dilakukan. Saat ini Densus 88 turut menjaga dan mendukung langkah Polda Bali untuk menjaga stabilitas Pulau Dewata ini. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN