Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra menanam pohon di Taman Muntig Siokan, Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar Selatan. (BP/ken)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menggagas gerakan penanaman 1 juta pohon di seluruh Indonesia. Menindaklanjuti program bertajuk Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini tersebut Polda Bali bersama polres jajaran menargetkan menanam 40.100 pohon.

Untuk wilayah Bali, kegiatan tersebut dipusatkan di Taman Muntig Siokan, Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar Selatan dan dipimpin Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, Rabu (23/8). Terkait kegiatan ini, Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan menjelaskan, penanaman bibit pohon ini merupakan salah satu wujud komitmen Polri dan pemerintah menciptakan wilayah yang hijau dan ramah lingkungan.

Baca juga:  Dukung Sustainable Tourism, Asap Rokok Jangan Dianggap Remeh

“Jadi kegiatan ini langsung digagas Bapak Kapolri dan dilaksanakan serentak oleh seluruh Polda di Indonesia. Targetnya ditanam 1 juta pohon hingga Oktober 2023,” tegas Kombes Jansen.

Sebelumnya, menurut mantan Kapolresta Denpasar ini, Polda Bali dan poles jajaran melaksanakan hal yang sama dari tanggal 18 hingga 22 Agustus dan menanam 3.775 pohon di 36 lokasi. Untuk memenuhi target 40.100 pohon, masing-masing polres harus menanam 5 ribu pohon kecuali Polres Bandara Ngurah Rai hanya 50 pohon karena lahannya terbatas.

Baca juga:  Denpasar Intensifkan Uji Emisi

Tujuannya dapat memberikan dampak positif kelestarian lingkungan, seperti meningkatkan indeks kesehatan udara, menekan polusi dan radikal bebas serta yang terpenting dapat memberi nilai tambah kepada masyarakat, termasuk generasi selanjutnya.
“Kegiatan ini juga melaksanakan konsep Tri Hita Karana yaitu menjaga hubungan harmonis antara manusia dengan lingkungan. Pohon yang ditanam macam-macam, diantaranya kelapa, buah-buahan, cemara, dan bakau. Masyarakat juga diharapkan ikut menjaga dan merawat pohon yang sudah kami tanam,” ujar mantan Kabid Humas Polda Kalimantan Barat ini. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Areal Pura Lempuyang
BAGIKAN