Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Kamis (17/8/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kaum perempuan dan anak diharapkan dapat semakin merasakan kemerdekaan yang seutuhnya pada HUT ke-78 RI. “Kami berharap perempuan dan anak bisa merasakan kemerdekaan sejati di Indonesia,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (17/8).

Menurut dia, perempuan sangat berperan dalam kemajuan pembangunan bangsa, sementara anak-anak adalah tumpuan harapan untuk masa depan Indonesia.

Untuk itu, ia menegaskan kemerdekaan yang sejati mampu memberikan kesempatan yang setara bagi anak dan perempuan untuk berkarya dan berkontribusi dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi dan sosial.

Baca juga:  Masyarakat Dianggap Tidak Paham, Perusahaan Investasi Ilegal Target Daerah

Puan berharap negara dapat memastikan perempuan dan anak bisa merdeka dari ancaman-ancaman kekerasan, termasuk kekerasan seksual yang masih banyak terjadi. Adapun perlindungan bagi perempuan dan anak harus semakin dimaksimalkan.

“Karena semua perempuan itu hebat, apapun pilihannya. Baik ibu rumah tangga maupun ibu bekerja, semua bisa berkarya dengan caranya masing-masing. Dan semua anak Indonesia adalah anak-anak unggul kebanggaan bangsa apabila bisa mendapat kesempatan memperoleh tumbuh kembang yang baik,” ujarnya.

Baca juga:  Mahasiswa ITS Ciptakan Gitar Bambu

Di sisi lain, Puan juga menyoroti pentingnya dukungan bagi kalangan muda. Di era digital dan globalisasi ini, peran anak-anak muda harus semakin diperkuat dalam segala bidang. “Ini adalah tugas kita bersama untuk memastikan suara anak muda didengar, karyanya dihargai, dan kontribusinya diapresiasi. Anak muda Indonesia punya banyak prestasi, maka penting sekali untuk kita dukung agar membawa Indonesia semakin raya atau besar,” ucap Puan.

Baca juga:  Lokasi Ibukota yang Baru Diumumkan, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Puan juga berharap, HUT Ke-78 RI dapat menjadi momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk semakin bersatu menjaga keutuhan Indonesia.

Ia mengajak agar kemerdekaan dapat dijadikan pijakan untuk mewujudkan cita-cita luhur, menciptakan Indonesia yang lebih maju, adil, makmur, dan sejahtera. “Dirgahayu Republik Indonesia, terus melaju untuk Indonesia maju,” katanya. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN