Gubernur Koster membuka IYC 2023 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada Senin (7/8). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Keberpihakan Gubernur Bali, Wayan Koster terhadap dunia olahraga sepak bola diapresiasi Chairman Pancoran Soccer Field (PSF), Gede Widiada saat Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali secara langsung membuka International Youth Championship (IYC) Tahun 2023, di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Senin (7/8) malam. Pembukaan ditandai dengan dimulainya pertandingan antara Real Madrid CF U-20 (Spanyol) vs Kashima Antlers FC U-20 (Jepang).

Pertandingan perdana IYC 2023 tersebut dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor kemenangan 5 – 3 atas Kashima Antlers.

Kejuaraan IYC 2023 yang berlangsung pada tanggal 7-14 Agustus 2023 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar diselenggarakan atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi Bali dan Pancoran Soccer Field Group (PSF Group) Jakarta dengan menghadirkan club sepak bola berkelas dunia. Yaitu, FC Barcelona U-20 (Spanyol), Real Madrid CF U-20 (Spanyol), Kashima Antlers FC U-20 (Jepang), dan Bhayangkara Presisi FC U-20 (Indonesia).

Baca juga:  Perjuangkan Rp 12,167 Triliun untuk Infrastruktur, Gubernur Koster Patut Diapresiasi

Sebelum pertandingan IYC 2023 ini dimulai, Gubernur Koster berkesempatan menyambut kedatangan club sepak bola dunia tersebut di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Diantaranya, yaitu FC Barcelona U-20 pada Senin, 31 Juli 2023 dengan membawa 19 pemain dan 8 official. Kashima Antlers FC U-20 pada Jumat, 4 Agustus 2023 dengan membawa 25 orang pemain dan 5 official. Bhayangkara Presisi FC U-20 pada Minggu 6 Agustus 2023 pagi dengan membawa 27 orang pemain dan 8 orang official. Dan Real Madrid CF U-20 pada Minggu, 6 Agustus 2023 sore dengan membawa 22 pemain dan 8 official.

Dibukanya kejuaraan sepak bola IYC 2023, adalah bentuk komitmen Wayan Koster sebagai Gubernur Bali dalam memajukan dunia sepak bola di Indonesia, khususnya di Bali. Hal ini pula sebagai penanda keseriusan Murdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Buleleng untuk memajukan pariwisata berbasis olahraga di Bali dan menjadi momentum untuk membangkitkan pariwisata Bali pasca pandemi Covid-19.

Baca juga:  Pameran IKM Bali Bangkit Tuai Pujian Menparekraf Sandiaga

Gubernur Koster mengucapkan terimakasih kepada Chairman Pancoran Soccer Field (PSF), Gede Widiada yang telah menghadirkan club sepak bola berkelas dunia di IYC 2023. “Saya sudah berdiskusi dengan Pak Gede Widiada, agar International Youth Championship dijadikan sebagai Annual Event setiap tahunnya di Bali. Saya juga meminta kepada club sepak bola FC Barcelona, Real Madrid CF, dan Kashima Antlers FC yang hadir dalam IYC 2023 berpartisipasi sebagai duta Bali di luar negeri untuk semakin memperkenalkan dan mempromosikan Bali sebagai Pulau Dewata yang memiliki kekuatan budaya dan menjadi destinasi wisata utama dunia yang aman, nyaman untuk dikunjungi dengan keramahtamahan masyarakatnya serta keindahan alam yang dimiliki Pulau Bali,” tandas Gubernur Bali asa Desa Sembiran, Buleleng ini.

Mengenai pertandingan antara Real Madrid CF U – 20 (Spanyol) vs Kashima Antlers FC U-20 (Jepang) sangat menampilkan permainan yang sangat berkualitas dan memuaskan para penonton serta undangan yang hadir menonton langsung pertandingan di Stadion I Gusti Ngurah Rai. Atas pengalaman Bali sebagai tuan rumah IYC 2023, Gubernur Koster menegaskan Bali sangat siap menyelenggarakan event seperti ini untuk tahun – tahun berikutnya.

Baca juga:  Cellular World Buka Gerai Baru di Gianyar

Chairman Pancoran Soccer Field (PSF), Gede Widiada menyampaikan, selaku pencinta sepak bola sekaligus masyarakat sangat mendukung apa yang disampaikan Gubernur Koster untuk menaikan citra Bali khususnya, dan Indonesia pada umumnya dalam bidang sport tourism. “Saya sangat bangga kepada Bapak Wayan Koster yang kapasitasnya sebagai Gubernur Bali secara langsung meminta kepada club sepak bola, seperti FC Barcelona, Real Madrid CF, dan Kashima Antlers FC untuk menjadi duta agar menyampaikan kepada dunia bahwa Bali disamping sebagai pulau wisata utama dunia, juga telah memiliki tempat olahraga yang bagus dan patut untuk dijadikan sebagai tempat berkompetisi sepak bola internasional,” ujarnya. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN