Makepung Bupati Cup 2023 digelar di sirkuit all in one Pengambengan, Minggu (6/8). (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Menyambut HUT ke-128 Kota Negara, Makepung Bupati Cup 2023 digelar di Sirkuit All in One. Ini, merupakan pertama kalinya kegiatan makepung digelar di Sirkuit All in One Jembrana yang memiliki view pantai yang memukau.

Diikuti sebanyak 203 peserta, Lomba Makepung Bupati Cup 2023 dibuka Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Minggu (6/8) di Sirkuit All in One di Desa Pengambengan sukses menyedot perhatian ribuan masyarakat yang menonton secara langsung.

Dari 203 peserta tersebut terdiri dari 108 regu barat (Iogading Barat) dan 95 regu timur (Ijogading Timur). Bupati asal Desa Kaliakah ini mengatakan bahwa Mekepung ini merupakan barang yang mahal, tentu pemerintah Kabupaten Jembrana sangat memperhatikannya.

“Hari ini mungkin masih biasa-biasa saja, akan tetapi nanti akan kita ekspos ke luar negeri/dunia. kita harus sabar sedikit lagi kita menuju Jembrana Emas, nantinya apa yang harus kita berikan dengan kemampuan daerah untuk membina ini nanti kita bisa ciptakan, ini pasti menjadi barang mahal,” ujarnya.

Baca juga:  Puluhan Pecinta Burung Ikuti Lomba Burung Berkicau Bupati Cup 2023

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan sirkuit All in one ini sebagai salah satu tempat aktraksi budaya yang mungkin bisa dipertahankan sepanjang masa. “Tempat Ini (Sirkuit all in one) untuk mereka bukan Bupati, silakan tempat ini digunakan dan dirawat,” ungkapnya.

Sementara, Koordinator Mekepung, I Made Mara menjelaskan mekepung Bupati Cup 2023 yang selenggarakan hari ini diikuti sebanyak 203 pasang. Dari 203 pasang itu dibagi menjadi dua regu yakni 108 untuk regu barat dan 94 untuk regu timur. Selain itu juga dibagi menjadi regu A ada 10 pasang, regu B 20 pasang, regu C 30 pasang dan kelas pemula ada 34 pasang.

Baca juga:  Sayan Prepares IDR 134 million to Develop Tourism

“Mekepung sampai hari ini sangat meningkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana yang dulunya hanya 60 regu timur dan 70 untuk regu barat. Namun sekarang semuanya meningkat 94 untuk timur dan 108 untuk regu barat,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan bahwa sirkuit all in one ini merupakan kali pertama digunakan pada event mekepung Bupati Cup. “Antusiasme dari sekaa mekepung dan juga masyarakat sangat luar biasa dan menyambut baik dengan adanya sirkuit ini. Sirkuit ini untuk mereka, jika nantinya sirkuit-sirkuit yang ada ini siapa tau untuk kemajuan jaman dan padatnya penduduk nanti itu bisa beralih fungsi maka ini untuk backup kita kedepannya untuk mempertahankan seni dan budaya mekepung yang ada di Jembrana ini,” ujarnya.

Baca juga:  Lakukan Penipuan, WN Australia Dideportasi

Menurut Made Mara, Bupati Jembrana sangat getol untuk mempertahankan warisan nenek moyang kita yang sudah menjadi icon kabupaten Jembrana sendiri. “Kami dari sekaa mekepung sangat berterimakasih kepada Bupati Jembrana, Bupati sangat membantu dalam penyelenggaraan mekepung yang ada di Jembrana, beliau sudah membantu atas keberadaan sirkuit all in one, dan juga Bupati membantu untuk merangsang daripada sekaa mekepung ini dengan memberikan bantuan berupa dana 5 juta di bagi dua untuk Bupati cup 2,5 juta dan Jembrana cup 2,5 juta, ini sangat membantu,” tandasnya. (Adv/Balipost)

BAGIKAN