JALAN-Suasana pengerjaan perbaikan Jalan Nangka yang sejak lama sudah dirancang. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah lama ditunggu-tunggu, perbaikan Jalan Nangka bisa terealisasi tahun ini. Bahkan, pengerjaan perbaikan tersebut sudah mulai digarap pihak rekanan. Hanya saja, tahap awal ini pekerjaan yang diambil, yakni menambal jalan yang berlumbang dan kemudian akan dilanjutkan dengan pengaspalan secara merata.

Kadis PUPR Kota Denpasar, A.A. Ngurah Bagus Airawata saat dikonfirmasi Jumat (28/7) menjelaskan, proyek perbaikan atau peningkatan infrastruktur Jalan Nangka Kota Denpasar telah dimulai. Dimana, pengerjaan saat ini baru tahap awal yakni perbaikan lobang dan perataan permukaan. Setelah itu, pengerjaan akan masuk pada pengaspalan menyeluruh atau overlay.

“Untuk perataan permukaan (patching) dilaksanakan di malam hari dari Jalan Nangka Selatan lanjut di Jalan Nangka Utara, setelah itu baru dilanjutkan dengan overlay secara menyeluruh, sementara untuk perataan permukaan dikerjakan malam hari, untuk menghindari tersendatnya arus lalu-lintas,” ujarnya.

Baca juga:  Gubernur Koster Dukung Komisi VII DPR Selesaikan RUU EBET

Proyek perbaikan atau pengaspalan menyeluruh Jalan Nangka ini dikerjakan oleh PT. Anindita Konstruksi Jaya dengan nilai proyek sebesar Rp 7 miliar lebih. Dimana pengerjaan ini ditarget tuntas selama 120 hari kalender. Adapun jalan yang diperbaiki mulai dari simpang Nalan Nangka-Jalan Kemuda hingga simpang Jalan Nangka-Jalan Veteran di depan Banjar Tainsiat.

“Kami mohon permakluman bagi masyarakat pengguna Jalan Nangka dan masyarakat sekitar yang terganggu atas pengerjaan proyek ini, besar harapan kami dapat tuntas tepat waktu,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, tahun ini pihaknya sudah berkomitmen untuk melakukan perbaikan jalan tanpa menunggu perbaikan pipa terlebih dahulu, seperti rencana awal. Dalam pengerjaannya akan dilakukan selama dua tahap yakni menggunakan anggaran APBD induk dan APBD perubahan.

Baca juga:  Tiga Bulan Lalu Digigit Anjing, Rai Meninggal Positif Rabies

Politisi PDI-P ini menyebut, ada dua nomenklatur dalam APBD terkait dengan jalan ini yakni Jalan Nangka Utara dari simpang Jalan Kemuda hingga ke depan Banjar Tainsiat, dan dari simpang Jalan Kemuda menuju ke Jalan Antasura.

Untuk perbaikan tahap pertama, akan dimulai dari simpang Jalan Kemuda ke selatan hingga depan Banjar Tainsiat menggunakan APBD induk. Sedangkan dari simpang Jalan Kemuda ke utara hingga Jalan Antasura akan dikerjakan pada tahap kedua menggunakan APBD perubahan.

Selama ini yang menjadi kendala perbaikan jalan ini yakni masih adanya pipa di bawah jalan tersebut yang usianya uzur. Akan tetapi, dari pertimbangan, proses Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk perbaikan pipa tersebut kemungkinan paling cepat baru terealisasi tahun 2025.Sehingga jika menunggu tahun 2025, kerusakan jalan tersebut dinilai akan semakin parah.

Baca juga:  Kulkul Bulus Sempat Berbunyi, Kantor Perbekel Kekeran Terbakar

Sehingga Pemkot Denpasar memutuskan untuk melakukan perbaikan lebih awal. “Kalau tidak dikerjakan tahun ini, kami harus menunggu penyelesaian sistem perencanaan KPBU PDAM paling cepat realisasi fisiknya di akhir tahun 2025. Akan ada rentang waktu cukup panjang melihat kondisi Jalan Nangka Utara yang rusak. Oleh karena itu perbaiki dulu, sambil jalan proses KPBU ini,” katanya. (Asmara Putera/Balipost)

BAGIKAN