Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen (TNI) Purn Wisnu Bawa Tenaya melantik serentak Pengurus PHDI tingkat provinsi untuk 5 provinsi se-Papua pada Kamis (27/7/2023) di Nabire, Papua Tengah. (BP/Dokumen)

JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen (TNI) Purn Wisnu Bawa Tenaya melantik serentak Pengurus PHDI tingkat provinsi untuk 5 provinsi se-Papua pada Kamis (27/7/2023) di Nabire, Papua Tengah. Acara pelantikan yang dilaksanakan bertepatan dengan hari suci Sugihan Jawa ini juga menandai berakhirnya Lokasabha I PHDI Papua Tengah.

Sehari sebelumnya, Rabu (26/7), PHDI Papua Tengah melaksanakan Lokasabha I yang dihadiri oleh utusan Plt Gubernur Papua Tengah, Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos., M.Si, Dandim Nabire Letkol Inf Doni Firmansyah, Kapolres Nabire AKBP Ketut Suarnaya dan Pembimas Papua, I Made Suena. Pengurus PHDI dari 5 Provinsi yang dilantik adalah Pande Ketut Suniarta (Papua Barat Daya), Dewa Gede Sukewati, S.Pd (Papua Tengah), I Wayan Suasta, SE (Papua Selatan), drh. I Made Putra (Papua Pegunungan) dan Wayan Patiyasa, SH., MH (Papua Barat). Dalam pelantikan ini para Ketua PHDI Provinsi disematkan PIN PHDI dan diberikan buku hasil-hasil Mahasabha XII.

Baca juga:  Hunian Vertikal Solusi Keterbatasan Lahan

Dalam sambutanya Wisnu Bawa Tenaya mengingatkan bahwa Pimpanan dan pengurus PHDI adalah pelayan umat. Bahwa keberadaan PHDI di tengah-tengah masyarakat adalah untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan yang dihadapi umat dan merangkul/mempersatukan umat.

“Tantangan dan fokus kita adalah SDM. Membangun umat yang sadar, dewasa dan matang. Sadar artinya eling, mengerti, awas. Dewasa artinya mampu bertanggungjawab atas tindakan-tindakannya, dan matang berarti umat memiliki pertimbangan yang komprehensif dalam setiap permasalahan dan keputusan,” tegas Wisnu dalam rilisnya.

Baca juga:  Terkait Banyaknya "Layon" Dititip di RS, Gubernur Koster Harap Masyarakat Ikuti Keputusan PHDI

Salah satu ketua PHDI yang dilantik, I Dewa Gede Sukewati, S.Pd menyatakan apresiasi dan penghormatan kepada PHDI Pusat yang telah berkenan hadir ke Papua dan melantik Pengurus PHDI 5 Provinsi. “Meskipun secara kuantitas kami minoritas, tetapi secara kualitas kami bertekad untuk menjadi pewarna kehidupan berbangsa dan bernegara. Seperti memberi warna seember air, kita hanya perlu beberapa tetes pewarna,” kata Dewa Sukewati.

Dalam pelantikan ini, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Wisnu Bawa Tenaya didampingi oleh Sekretaris Umum PHDI Pusat I Ketut Budiasa ST., MM. (kmb/balipost)

Baca juga:  Pujawali di Pura Sakenan, Umat Diimbau Lakukan Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *