Presiden Joko Widodo saat menjadi Inspektur Upacara Upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri Tahun 2023 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Seluruh perwira muda TNI dan Polri diminta dapat menjadi teladan dan selalu berada di jajaran terdepan dalam membantu masyarakat.

“Siapkan diri Anda sebagai teladan masyarakat, menjaga integritas, menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai keprajuritan, selalu di depan membantu masyarakat luas,” kata Presiden Joko Widodo dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri Tahun 2023 di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (26/7).

Jokowi mengingatkan para perwira muda TNI dan Polri untuk selalu meningkatkan sinergisme, memberdayakan komunikasi dan interaksi, serta sering bekerja sama untuk memecahkan masalah bersama.

Baca juga:  Densus 88 Polri Tangkap Tiga Terduga Terorisme Lampung

Setelah pelantikan Praspa di Istana Merdeka, Jokowi mengingatkan para perwira muda TNI dan Polri akan memulai perjalanan pengabdian yang nyata.

Oleh karena itu, para perwira muda diminta membuktikan kemampuan dan kesetiaan mereka dalam mengemban tugas negara serta melayani masyarakat, bangsa, dan negara. “Tugas Saudara tidak mudah, tidak mudah. Menjaga stabilitas keamanan negara, menjaga tegaknya NKRI, meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa, dan saudara akan menghadapi situasi yang sangat berbeda,” tegasnya.

Jokowi pun merasa bangga atas prestasi para perwira muda TNI dan Polri yang dilantik tersebut. Dia mengucapkan selamat kepada para orang tua perwira muda itu. “Mereka bukan hanya kebanggaan Bapak, Ibu sekalian. Mereka juga kebanggaan bangsa Indonesia,” katanya.

Baca juga:  Mayjen TNI Cantiasa Jabat Danjen Kopassus

Dia pun mengucapkan selamat bertugas kepada para perwira muda dan berpesan untuk selalu tegak lurus terhadap konstitusi dan peraturan perundang-undangan.

Dalam Upacara Praspa TNI dan Polri Tahun 2023 tersebut, Jokowi melantik 833 perwira remaja TNI-Polri Tahun 2023, yang terdiri atas 357 perwira remaja TNI Angkatan Darat, 94 perwira remaja TNI Angkatan Laut, 114 perwira remaja TNI Angkatan Udara, serta 268 perwira remaja Polri.

Baca juga:  Pantau Kinerja Lulusannya, Ini Dilakukan Petinggi Sespim Polri

Hadir dalam upacara tersebut ialah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo, serta Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksmana Muhammad Ali. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *