GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo, resmi meluncurkan aplikasi GoPay secara nasional, Rabu (26/7). (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo, resmi meluncurkan aplikasi GoPay secara nasional. Kehadiran aplikasi tersendiri, terpisah dari Gojek ini untuk untuk memberikan kemudahan akses finansial kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang selama ini belum menggunakan layanan Gojek dan Tokopedia.

Aplikasi GoPay yang disiapkan untuk menjangkau semua ini hadir dengan ukuran ringan sehingga dapat diunduh di berbagai jenis smartphone. Selain itu, aplikasi GoPay memiliki tampilan yang jelas dan ringkas sehingga mudah digunakan dan dipahami oleh siapapun. Meskipun kini GoPay memiliki aplikasi yang berdiri sendiri, layanan GoPay tetap dapat digunakan dan terus dikembangkan di aplikasi Gojek dan Tokopedia.

Hans Patuwo, Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo dalam peluncuran yang dilakukan secara daring, Rabu (26/7), mengatakan peluncuran aplikasi GoPay menjadi salah satu titik pencapaian terpenting bagi GoTo Financial. “Aplikasi ini kami hadirkan untuk memberikan akses layanan keuangan yang mudah dan relevan bagi seluruh
lapisan masyarakat, termasuk mereka yang saat ini belum menggunakan Gojek maupun
Tokopedia. Berdasarkan informasi dari Bank Indonesia, terdapat 97 juta orang dewasa di Indonesia yang masuk ke dalam kategori unbanked atau tidak memiliki akun di bank,” ujarnya.

Baca juga:  Ingin Jajan Hemat di Berbagai Resto Favorit? GoFood Bagi Cara Jitunya

Pihaknya berkomitmen untuk bisa memberikan akses finansial yang mudah dan aman bagi semua. “Kami mempersiapkan setiap aspek agar aplikasi GoPay benar-benar bisa menjangkau semua, mulai dari ukuran ringan kurang dari 25 MB di Android hingga desain ringkas sehingga mudah dipahami dan memberikan user experience terbaik bagi pengguna. Melalui aplikasi GoPay, kami ingin menghilangkan keterbatasan masyarakat dalam mendapatkan layanan keuangan,” ujar Hans.

Hans menambahkan ukuran ringan dan desain ringkas ini dihadirkan berdasarkan riset
mendalam dan juga masukan dari pengguna. Aplikasi GoPay saat ini juga dilengkapi beragam fitur, diantaranya gratis transfer instan ke mana saja hingga 100x per bulan, termasuk transfer dari akun GoPay ke akun GoPay lainnya, dari akun GoPay ke rekening bank, dan dari rekening bank ke rekening bank lainnya. Selain itu, pengguna dapat selalu membeli pulsa dan paket data dengan harga spesial di aplikasi GoPay dan menikmati biaya administrasi yang minim untuk pembayaran tagihan BPJS, PLN dan lainnya.

Baca juga:  Peringati Hari Bumi, Gojek dan GoTo Financial Luncurkan Inisiatif #GoGreener

Aplikasi GoPay juga memiliki fitur laporan pengeluaran yang dapat secara otomatis
memberikan gambaran transparan kepada pengguna terkait pengeluaran mereka. Hal ini
membantu mereka dalam merencanakan keuangan dengan lebih baik lagi. Harapannya, kehadiran fitur ini dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat dalam jangka
panjang. “Fitur yang tak kalah penting lainnya adalah terkait dengan keamanan. Di dalam aplikasi GoPay, pengguna dipandu untuk mengikuti lima langkah keamanan untuk memastikan perlindungan berlapis bagi akun pengguna, diantaranya penggunaan biometrik. Apabila kelima langkah ini sudah terpenuhi, maka pengguna mendapat “safety score meter” 100% yang diinformasikan di bagian paling atas aplikasi GoPay,” jelasnya.

Baca juga:  Tiga Hari Berturut-turut, Tambahan Kasus COVID-19 Nasional di Atas 5.000

Kemudahan yang diberikan aplikasi GoPay sudah dirasakan oleh para pengguna aplikasi GoPay versi perdana, seperti Titis Ismawati seorang ibu rumah tangga di Kendal, Jawa Tengah. Titis menceritakan pengalamannya menggunakan aplikasi GoPay sejak tersedia di kotanya.

Ia menjelaskan bahwa aplikasi GoPay menjadi solusi bagi dirinya dan bagi warga di lingkungannya untuk lebih mudah mengakses layanan keuangan seperti transfer instan ke mana saja. “Di sini biasanya kalau mau transfer harus melalui kios yang jaraknya sangat jauh, bisa satu jam bolak balik hanya untuk transfer. Setiap kali transfer juga kena biaya tambahan yang cukup tinggi. Semenjak pakai aplikasi GoPay, saya lebih gampang transfer. Udah instan, tanpa biaya lagi. Selain itu, tampilan aplikasi GoPay simpel sekali,” ujar Titis. (kmb/balipost)

BAGIKAN