Pemilik memegang anjing peliharaannya yang akan divaksinasi antirabies. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kasus rabies pada anjing di Denpasar terus bertambah. Dari awal ditemukan 9 ekor, kini bertambah menjadi 11 ekor. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala UPT Puskeswan Dinas Pertanian Kota Denpasar, drh. Ketut Ayu Meidiyanti belum lama ini.

Ia mengatakan setelah sebelumnya ada tambahan anjing positif di kawasan Setra Badung, kini kembali pihaknya menemukan anjing positif rabies di kawasan Denpasar Barat. Sehingga sejak Januari hingga 19 Juli 2023, terkonfirmasi sebanyak 11 ekor anjing rabies di Denpasar.

Baca juga:  Covid-19 dan PMK Bisa Ganggu Kamtibmas Jelang G20

“Terakhir kami temukan di wilayah Denpasar Barat, sehingga total menjadi 11 ekor,” katanya.

Kesebelas anjing tersebut pun sudah dieliminasi agar tidak membahayakan masyarakat dan menyebarkan virus ke anjing lainnya. Pihaknya mengatakan, awal ditemukannya kasus rabies pada anjing ini di awal tahun 2023 di Denpasar Selatan.

Anjing dengan tingkah yang mengarah ke rabies itu dilaporkan warga karena takut masyarakat setempat akan digigit. Dengan laporan tersebut, pihak Distan langsung melakukan kroscek ke lapangan dan melakukan uji lab pada otak anjing tersebut.

Baca juga:  Dua Perkara Korupsi LPD Segera Masuk Pembuktian

Ternyata setelah dilakukan pengecekan anjing tersebut positif rabies. Setelah Denpasar Selatan kasus rabies muncul di Denpasar Timur. “Anjing yang terdeteksi terinfeksi rabies. Kami sudah cek ke lab langsung dan kami lakukan tindak lanjut,” jelasnya.

Dan saat ini, untuk pencegahan penularan rabies, Dinas Pertanian Denpasar terus menggencarkan vaksinasi kepada hewan penular rabies atau HPR yang ada di Kota Denpasar. “Kami door to door masih tetap kita gencarkan. Kalau ada masyarakat yang memiliki anjing belum divaksin bisa menghubungi kami,” katanya.

Baca juga:  AM Fatwa Berpulang

Pihaknya mengatakan, hingga saat ini sudah divaksin sebanyak 38.073 HPR di Denpasar. Sehingga cakupan tersebut kurang lebih 46,3 persen dari populasi.

Pihaknya menambahkan, untuk populasi anjing di Denpasar saat ini sebanyak 82.195 ekor. Adapun jumlah populasi anjing tersebut meliputi Denpasar Barat 17.334 ekor, Denpasar Selatan sebanyak 24.631 ekor, Denpasar Timur sebanyak 17.082 ekor, dan Denpasar Utara sebanyak 23.148 ekor. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *