Sekda Adi Arnawa saat menghadiri Karya Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Desa, Desa Adat Punggul, Kecamatan Abiansemal, Kamis (13/7). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung diwakili Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, menghadiri Karya Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Desa, Desa Adat Punggul, Kecamatan Abiansemal, Kamis (13/7). Karya Tawur merupakan rangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Pedudusan Agung, Mapeselang, Medasar Tawur Balik Sumpah Utama yang puncaknya dilaksanakan pada Selasa, 18 Juli 2023.

Hadir pada kesempatan tersebut Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, Bendesa Adat Punggul Nyoman Murjana, Perbekel Punggul Kadek Sukarma, Cokorda Puri Ubud dan krama Desa Adat Punggul. Sekda Adi Arnawa menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada krama Desa Adat Punggul yang telah melaksanakan karya dengan tingkatan utama.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Paparkan Pemulihan Ekonomi Badung Pascapandemi

Hal ini tidak terlepas dari komitmen perbekel, bendesa, para tokoh dan utamanya masyarakat Punggul yang secara ikhlas untuk mewujudkan harapan bersama menggelar karya tersebut. Ditambahkan, selaku pemerintah, pihaknya juga akan selalu mendukung dan hadir di tengah-tengah masyarakat guna meringankan beban krama.

Wujud dukungan tersebut dengan dikucurkan bantuan untuk pelaksanaan karya ini sebesar Rp1,5 miliar. Selain itu, Pemerintah Desa Punggul juga membantu sebesar Rp500 juta. Untuk itu Sekda Adi Arnawa mengajak masyarakat untuk selalu ngrastiti bhakti serta bersatu, sehingga apa yang menjadi harapan dapat tercapai.

Baca juga:  Ganjar-Mahfud Menang Mutlak di TPS Bupati Badung, Tumbang di TPS Ketua Golkar Badung

Sementara manggala karya I Made Sukasta menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung dan Pemerintah Kabupaten Badung yang telah banyak membantu sehingga pelaksanaan karya ngenteg linggih di Pura Desa Punggul dapat berjalan baik. Selain dukungan dana dari pemerintah dan perbekel, pihaknya juga mendapat dukungan dana dari swadaya masyarakat yang terkumpul sebesar Rp300 juta.

Dijelaskan, mengenai dudonan karya telah dimulai sejak 3 Mei 2023 lalu dengan matur piuning. Untuk karya Tawur Balik Sumpah Utama 13 Juli kemarin di-puput Ida Pedanda Ketut Pemaron Griya Sideman Tarukan Pemaron Munggu, Ida Pedanda Jelantik Santha Cita Griya Buda Jadi Tabanan dan Jro Gede Sengguhu Tamba Wasa Gria Sibanggede. Sementara, puncak karya berlangsung pada Selasa, 18 Juli 2023. (Adv/balipost)

Baca juga:  Disbud Badung Gelar Pelatihan Nyurat Lontar Bagi Generasi Muda

 

BAGIKAN