Longsor- Bangunan rumah milik I Nengah Simpen (40) yang berasal dari Banjar Dinas Ketug, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem mengalami kerusakan akibat diterjang tanah longsor, Senin (3/7). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Rumah milik I Nengah Simpen (40) yang berasal dari Banjar Dinas Ketug, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem mengalami kerusakan akibat diterjang tanah longsor, Senin (3/7). Kondisi ini membuat pemilik rumah terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya.

Kelian Banjar Dinas Ketug, I Nyoman Pasek menjelaskan, bangunan yang rusak tertimpa material longsoran adalah dua buah kamar tidur pada tembok bagian belakang. Kata dia, untung saat kejadian pemilik tidak ada karena sedang ke rumah kerabat ada upacara agama.

Baca juga:  Diguyur Hujan Lebat, Karangasem Dilanda Tanah Longsor

“Rumah yang rusak ini baru saja selesai dibangun dan baru ditempati beberapa bulan. Tapi, sekarang sudah mengalami kerusakan akibat diterjang tanah longsoran. Akibatnya, sementara waktu rumah tidak bisa ditempati,” ucapnya.

Pasek, menambahkan, pasca kejadian ini, untuk sementara waktu pemilik rumah tinggal di rumah kerabat terdekat. “Sambil menunggu proses perbaikan, terpaksa mereka sekeluarga tinggal di rumah kerabatnya,” katanya.

Dibagian lain, Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa, menjelaskan, kalau pihaknya telah melakukan assesment kelokasi kejadian, termasuk menyerahkan bantuan logistik kepada pemilik rumah. “Atas kejadian itu, pemilik rumah mengalami kerugian materiil kurang lebih sekitar Rp 30 juta,” jelas Arimbawa.

Baca juga:  Enam Jam Terakhir, Gunung Agung Enam Kali Erupsi

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya tetap himbauan himbauan guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Membangun peran serta masyarakat dalam menangani dampak bencana cuaca ekstrim khususnya di Karangasem. “Sekarang ini sudah adanya kemampuan masyarakat dalam keikutsertaan untuk melakukan evakuasi mandiri di wilayahnya bila ada bencana alam,” tandasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN