Pemedek kelelahan dibawa ke RS untuk memperoleh penanganan lanjutan setelah dievakuasi oleh tim gabungan dari Gunung Batukau, Minggu (18/6) dini hari. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Seorang pemedek lanjut usia (lansia), I Gusti Putu Regeg, dievakuasi dari Gunung Batukau, Penebel, usai bersembahyang di Pura Kedaton, Sabtu (17/6). Regeg yang berusia 87 tahun itu mengalami kelelahan saat hendak menuruni gunung.

Plt Kepala BPBD Tabanan, Nyoman Srinadha Giri, dikonfirmasi Minggu (18/6) membenarkan adanya kejadian tersebut. Awalnya, pemedek ini bersama rombongan berjumlah 7 orang melakukan pendakian Sabtu pagi sekitar pukul 06.30 WITA untuk melakukan persembahyangan di Pura Kedaton, Batukau. Rombongan ini mendaki dari jalur di Pujungan, Kecamatan Pupuan.

Baca juga:  AIS Forum Ajak Nelayan Lokal Suarakan Pentingnya Preservasi Sektor Biru

“Mereka ini naik dari Pujungan dan sudah lapor di 0os penjagaan disana,” ucap Srinadha.

Hanya saja, saat mau turun usai melakukan persembahyangan atau sekitar pukul 17.05 WITA, lansia ini mengalami kelelahan sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan. Akhirnya salah satu rekan pemedek melaporkan hal ini pada petugas.

Selanjutnya dari BPBD Tabanan menerjunkan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mempersiapkan alat dan menuju lokasi evakuasi. Proses evakuasi juga dibantu oleh Bhuana Bali Rescue.

Baca juga:  Didera Cuaca Ekstrem, Distribusi Air PDAM Denpasar Kembali Terganggu

Setelah beberapa upaya, akhirnya pada pukul 01.30 dini hari, tim berhasil mengevakuasi pendaki yang mengalami kelelahan dan membawanya ke Pos Pura Malen. Selanjutnya langsung dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *