Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Bayi yang baru lahir tentu masih rentan terhadap kuman dan bakteri. Maka dari itu, kebersihan botol minum bayi harus benar-benar diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Lalu, bagaimana cara mencuci botol minum bayi yang tepat? Simak 5 langkah berikut ini :

1. Bersihkan Tangan Terlebih Dulu

Pertama-tama, cuci tangan terlebih dulu dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jadinya, kamu bisa mencegah perpindahan kuman dan bakteri dari tangan ke botol minum.

Baca juga:  Bayi Istimewa Kembar Tiga dari Baluk

2. Lepaskan Seluruh Komponen Botol Minum

Lalu, pisahkan seluruh komponen botol minum, dari botol, dot, dan tutupnya. Jadi, kamu bisa mencuci seluruh bagian botol minum dengan lebih bersih.

3. Cuci Botol Minum Bayi

Pastikan kamu membilas seluruh bagian botol minum di bawah air mengalir, entah air dingin atau hangat. Lalu, rendam botol di dalam wadah bersih berisi air panas dan sabun. Setelahnya, gosok botol menggunakan sikat khusus dan bilas kembali di bawah air mengalir.

Baca juga:  Lagi, Temuan Bayi di Tabanan

4. Keringkan di Rak yang Bersih

Letakkan botol minum di atas kain bersih pada area bebas debu buat mengeringkannya. Namun, hindari mengelap botol minum dengan kain dapur bekas pakai karena dapat menyebabkan perpindahan kuman.

5. Masukkan Botol ke Dalam Sterilizer

Terakhir, masukkan botol minum ke dalam sterilizer untuk membasmi kuman dan bakteri. Alat satu ini juga dapat dipakai buat sterilisasi mainan dan perlengkapan bayi lainnya.

Baca juga:  Tiga Desa Wisata Ikut Tourism Villages 2021

Nah, kamu bisa membeli botol minum berkualitas dari ruparupa.com. Situs belanja online satu ini juga menjual perlengkapan bayi dan peralatan rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, ATARU, Krisbow, Toys Kingdom, Pet Kingdom, SELMA, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi. (Adv/balipost)

BAGIKAN