Gubernur Bali, Wayan Koster menghadiri sekaligus membuka Gebyar PMHD XII Unwar di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Selasa (16/5). (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gebyar Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) XII Tahun 2023 dilaksanakan oleh PMHD Universitas Warmadewa (Unwar), Selasa (16/5). Gubernur Bali, Wayan Koster hadir secara langsung sekaligus membuka Gebyar PMHD XII Unwar yang ditandai dengan pemukulan gong di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar.

Gebyar PMHD XII Unwar yang mengusung tema “Pelangi Budaya Nusantara” ini akan berlangsung hingga 19 Mei 2023. Berbagai jenis perlombaan tingkat regional dan nasional akan digelar. Diantaranya, lomba Utsawa Dharma Gita (Sloka dan Palawakya tingkat nasional), Lomba Debat Budaya tingkat nasional, lomba Tari Jauk dan Makendang tingkat se-Bali, dan Makendang, dan lomba Nyurat Lontar tingkat SMP dan SMA se-Bali.

Pada momen ini, komitmen nyata Gubernur Koster dalam menjaga dan melindungi adat, tradisi, seni budaya dan kearifan lokal Bali dengan visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, yang kemudian dituangkan ke dalam Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun ke depan mendapat sambutan dan dukungan luar biasa dari krama Bali. Tak terkecuali dari Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Rektor Unwar bersama PMHD Unwar yang sangat mengapresiasi langkah nyata sebagai wujud dalam membentengi Bali di masa yang akan datang.

Baca juga:  Salah Keroyok Berujung Tewas di Sempidi, Terdakwa Anak Dituntut 10 Tahun Penjara

Atas hal tersebut, Gubernur Koster mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Gebyar PMHD XII Unwar ini karena penuh dengan nuansa budaya yang sejalan dengan visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”. Oleh karena itu, Gubernur Koster berharap dan mengajak seluruh anggota PMHD Unwar mampu menjaga kelestarian adat, tradisi, seni budaya dan kearifan lokal Bali ke depannya.

“Jadi saya sangat bangga kepada adik-adik mahasiswa yang punya inisiatif kuat untuk mambangun budaya Bali. Karena itu saya sangat mendukung dan berharap kepada pak rektor dan terutama sekali kepada yayasan beserta jajaran agar terus menciptakan wahana ini dan mendukung fasilitas kegiatan kemahasiswaan yang bernuansa budaya agar mampu memajukan lagi Universitas Warmadewa yang juga mempunyai peranan turut membangun Bali di masa yang akan datang,” tandas Gubernur Koster.

Baca juga:  Jambret Puluhan TKP Ditembak

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gede Suranaya Pandit, MP., mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Koster yang menyempatkan diri membuka Gebyar PMHD XII Unwar. Pada ksemepatan ini Prof. Pandit juga mengapresiasi Gubernur Koster yang telah membuat konsep Haluan Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125”.

Menurutnya, dalam Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun ke Depan ini menggambarkan profil Bali zaman dulu, saat ini, dan 100 tahun yang akan datang. Apalagi, dalam Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun ini sangat konsen untuk menjaga kelestarian alam, manusia, dan budaya Bali yang adi luhung.

Baca juga:  Manajemen Digital Tingkatkan Produktivitas UKM

Pada kesempatan ini, Prof. Pandit juga mengapresiasi dan mendukung PMHD Unwar yang sudah menggelar kegiatan Gebyar PMHD XII dalam rangka pelestarian adat, tradisi, seni dan budaya Bali. Ini telah sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Koster, yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., berharap agar kegiatan Gebyar PMHD XII Unwar yang saat ini sudah meningkat ke tingkat nasional agar tahun berikutnya ditingkatkan ke tingkat internasional. Sehingga, PMHD benar-benar menjadi sinarnya dunia. Sebagaimana Bali menjadi sinarnya dunia.

Apalagi, Gubernur Koster menitipkan Bali kepada seluruh anggota PMHD untuk menjaga alam, manusia, dan budaya Bali. Gubernur Koster telah membuat roadmap Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun yang berfokus pada pelestarian alam, manusia, dan budaya Bali menuju Bali Era Baru. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN