Ilustrasi. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tampil percaya diri untuk menjalani kehidupan sehari-hari sangat penting. Sebab, sikap percaya diri mampu membuat kita lebih bebas untuk melakukan berbagai aktivitas, bersosialisasi dalam dunia kerja, persahabatan, maupun percintaan.

Tetapi, tak sedikit orang yang merasa minder dan tidak memiliki rasa percaya diri sama sekali. Berikut 8 tips yang bisa dipraktikkan untuk menumbuhkan rasa percaya dirimu :

1. Rawat kulit dan rambut

Memiliki kulit yang cantik dan terawat akan membantu kita lebih percaya diri. Karena merawat kulit harus dijadikan prioritas utama, terutama seiring bertambahnya usia.

Rutinlah merawat rambut dengan cara menggunakan masker seminggu sekali.

2. Kenakan pakaian yang fit dan berwarna cerah

Warna baju juga mempengaruhi penampilan, yang kabarnya juga bisa meningkatkan hormon endorphin. Jangan gunakan pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil, sebaiknya kamu selalu berpakaian sesuai dengan tipe tubuh.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Cegukan

3. Hindari penggunaan make up tebal

Kesan orang lain melihat kita bisa dipengaruhi dari tebal atau tidaknya makeup yang kita aplikasikan ke wajah. Tidak hanya kesan yang kita berikan ke orang lain, menggunakan make up yang berlebihan dapat merusak kulit pada wajah. Mengaplikasikan make up ringan pada wajah dapat menojolkan daya tarik wajahmu.

4. Lebih seing tersenyum

Tersenyum dapat membuat wanita terlihat lebih ramah dan menyenangkan. Saat orang lain melihat kita tersenyum, itu membuat rangsangan korteks orbitofrontal (bagian otak sensorik) yang meningkatkan perasaaan positif.

Baca juga:  Utang Belum Lunas Tapi Bisa Pinjam Lagi? Ini Jurus Jitunya

5. Miliki gigi putih dan rapi

Ini adalah salah satu indicator kesehatan dan kebersihan seseorang. Jika gigimu putih dan rapi, kita akan lebih percaya diri untuk menebar senyum manis. Untuk yang memiliki gigi berantakan, bisa menggunakan behel untuk merapikan gigi.

6. Belajar bersyukur

Percaya atau tidak, Ketika kita bisa bersyukur di setiap waktu, rasa percaya diri akan bertambah dengan sendirinya. Mulailah hari dengan bersyukur akan semua hal, seperti Kesehatan, rezeki, sampai dengan kehidupan yang kita miliki saat ini

7. Jadi diri sendiri

Rasa minder membuat kita meniru gaya orang lain dan membuat diri sendiri tidak nyaman. Padahal cara meningkatkan percaya diri yang baik adalah menjadi diri sendiri dan menerima apapun kekurangan.

Baca juga:  Hari Ini, Denpasar Terbanyak Laporkan Tambahan Kasus COVID-19

8. Evaluasi kelebihan dan kekurangan

Dikutip dari www.senka.id yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan percaya diri adalah, mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan tersebut. Selain itu, fokuslah pada kelebihan yang kita punya. Dengan memuji dan menghargai diri lewat kelebihan yang dimiliki, kita dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Itulah tips-tips yang bisa kita lakukan agar percaya diri meningkat. Yakinkan diri bahwa kamu berharga, dan tidak perlu memikirkan pendapat orang yang membuat diri kita rendah dan jika kita selalu nyaman, kepercayaan diri pun akan meningkat seiring berjalannya waktu. (Sinta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *