Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat ini, banyak sekali produk skincare atau perawatan kulit yang ditawarkan di pasaran. Berikut, ada beberapa tips skincare yang bisa kalian ikuti.

Dalam memilih skincare, tentu mempunyai banyak pilihan yang sesuai kebutuhan masing-masing kulit, tetapi terkadang sering kali kita salah kaprah dalam penggunaan skincare, tetapi gak perlu khawatir karena di sini akan diulas bagaimana penggunaan skincare agar efektif, dikutip dari berbagai sumber :

1. Mengetahui Kandungan Skincare yang Cocok

Hal utama saat menggunakan skincare adalah mengetahui kandungan serta manfaat dari skincare yang cocok untuk kulit Anda. Kandungan skincare yang cocok dapat disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan kulit wajah.

2. Pakai Skincare Secara Berurutan

Supaya skincare dapat bekerja secara maksimal, Anda harus tahu bagaimana urutan penggunaan produk skincare yang benar. Urutan pertama menggunakan skincare adalah membersihkan wajah dengan
micellar water dan juga face wash, kemudian dilanjutkan penggunaan produk skincare dari tekstur paling ringan dan hingga tekstur berat.

Baca juga:  Penampilan Menarik Bisa Tunjang Karier, Simak Caranya

3. Eksfoliasi Kulit Secara Rutin dan Teratur

Proses eksfoliasi adalah proses yang penting dilakukan secara rutin agar skincare bekerja maksimal. Eksfoliasi secara rutin dapat mengangkat sel kulit mati di wajah, yang menghambat penyerapan skincare. Lakukan
eksfoliasi 2-3 kali seminggu agar kulit bersih dan penyerapan skincare lebih maksimal.

4. Menggunakan Skincare Secara Rutin

Hal yang cukup sering diabaikan, terutama bagi para pemula. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan produk skincare secara rutin agar kulit tetap bersih dan ternutrisi dengan baik.

5. Menggunakan Retinoid dan Retinol di Malam Hari

Dilansir dari www.beautyhaul.com, retinoid dan retinol merupakan senyawa aktif yang mampu mempermudah pergantian sel kulit atau eksfoliasi kulit. Kulit baru biasanya masih sangat halus sehingga tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena berbahaya bagi kulit. Itulah mengapa produk yang mengandung retinoid dan retinol sebaiknya digunakan saat malam hari sebelum tidur.

Baca juga:  Foto Makro Bermodalkan "Smartphone"

6.Menjaga Kelembapan Kulit

Tahukah Anda kulit wajah yang lembap lebih efektif menyerap kandungan dalam skincare? Maka dari itu, kelembapan kulit Anda harus dijaga. Penggunaan produk skincare seperti moisturizer bisa membantu
menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit.

7. Penyimpanan Produk Skincare

Penyimpanan produk skincare juga harus diperhatikan. Sebab, kandungan dalam skincare bisa saja rusak akibat penyimpanan yang kurang tepat. Produk skincare harus disimpan di dalam tempat yang lembap dan tidak
kena sinar matahari secara langsung.

Baca juga:  Denpasar Juara Umum Peparpeprov Bali

8. Jangan Buru-buru Mengganti Skincare

Mungkin jika Anda merasa produk skincare tidak membuahkan hasil Anda akan segera mengganti dengan produk skincare lainnya secara langsung.
Hal ini tidak direkomendasikan, sebab hasil penggunaan skincare membutuhkan waktu setidaknya 6-8 minggu penggunaan.

Jika dalam kurun waktu tersebut penggunaan skincare menimbulkan masalah kulit wajah baru, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar mendapatkan rekomendasi produk yang tepat.

9. Pola Hidup Sehat

Dikutip dari www.kumparan.com, pemilihan skincare juga harus dibarengi dengan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan hindari kebiasaan begadang.

Itulah dia beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan skincare lebih maksimal dan memberikan manfaat baik untuk kulit wajah. Kuncinya, adalah tetap menjaga kebersihan dan kondisi wajah serta konsisten dalam penggunaan skincare. (Wulan/balipost)

BAGIKAN