Asip - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberikan keterangan kepada wartawan di Bandara Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Jumat (12/5/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 18 perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI, baik Pati TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) maupun Angkatan Udara (AU) dilakukan mutasi. Mutasi, rotasi dan promosi jabatan para Pati di lingkungan TNI itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/487/V/2023 tanggal 11 Mei 2023, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Minggu (14/5).

Surat keputusan menetapkan mutasi dan promosi jabatan 18 Pati TNI terdiri atas tujuh Pati TNI AD, tiga Pati TNI AL dan delapan Pati TNI AU. “Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karir serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI ke depan yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan rotasi, mutasi dan promosi jabatan di lingkungan TNI,” katanya.

Baca juga:  Warga Pesagi Menghilang Usai Pamitan Mencari Durian  

Adapun delapan Pati TNI AU yang dimutasi, yaitu Marsda TNI Hesly Paat dari jabatan sebagai Wadan Kodiklat TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI. Jabatan Wadan Kodiklat TNI digantikan oleh Marsda TNI Widyargo Ikoputra yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan Kodiklatau.

Kemudian, Marsma TNI I Made Susila A. dari Kapoksahli Koopsudnas menjadi Wadan Kodiklatau. Marsma TNI Surya Chandra Siahaan dari Waasrena Kasau menjadi Kapoksahli Koopsudnas.

Selanjutnya, Marsma TNI Irwan Pramuda dari Danlanud Iwj menjadi Waasrena Kasau, Marsma TNI Wastum dari jabatan Dankosek III Koopsud III menjadi Danlanud Iwj, Marsma TNI David Yohan Tamboto dari jabatan Danlanud Hnd menjadi Dankosek III Koopsud III dan Kolonel Pnb Benny Arfan dari jabatan Pamen Sopsau menjadi Danlanud Hnd.

Baca juga:  Sidang Alit Wiraputra, Sandoz Akui Terima Fee dari Investor

Tujuh Pati TNI AD yang dirotasi dan mutasi, yakni Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dari jabatan sebagai Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Jahpers menjadi Asops Panglima TNI.

Lalu, Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar dari jabatan Kas Kogabwilhan I menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Jahpers, Brigjen TNI Rifky Nawawi dari jabatan Kasdam I/BB menjadi Kas Kogabwilhan, Brigjen TNI Refrizal dari jabatan Wadan Seskoad menjadi Kasdam I/BB, Brigjen TNI IGBN Tedjasukma E dari jabatan Widyaiswara Bid. Jemenhanrat Seskoad menjadi Wadan Seskoad, Kolonel Czi Fakhrudin dari jabatan Pamen Ahli Bid. Sishanned Seskoad menjadi Widyaiswara Bid. Jemenhanrat Seskoad dan Mayjen TNI Gumuruh W dari jabatan Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasad.

Baca juga:  Lakalantas Sebabkan Seorang Tewas, WN Australia Segera Dilimpahkan

Kemudian, tiga Pati TNI AL yang dimutasi, yaitu Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, M.Tr.Opsla dari jabatan Dankormar menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr.(Han) dari jabatan Aspotmar Kasal menjadi Dankormar dan Mayjen TNI (Mar) Markos dari jabatan Staf Khusus Kasal menjadi Aspotmar Kasal. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN