Salah satu terminal penumpang yang dikelola oleh Pelindo, yakni Terminal Penumpang Anging Mammiri, Makassar, Sulawesi Selatan. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pemudik yang melewati 63 terminal penumpang hingga Kamis (27/4) atau H+4 Lebaran 2023 mencapai 1.171.151 orang. Demikian catatan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Jumlah tersebut naik 22 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022 sebanyak 954.107 orang.

“Meski pergerakan pemudik mengalami lonjakan, penanganan arus balik di simpul-simpul pelayanan di seluruh terminal penumpang dapat tertangani dengan baik dan aman, termasuk pada saat puncak kepadatan,” ucap Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono dalam keterangannya di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (28/4).

Baca juga:  Menurun, Pemudik Moda Transportasi Laut

Dari total pergerakan penumpang pada H+4, Pelindo melaporkan jumlah penumpang tertinggi, yaitu pemudik yang melewati Pelabuhan Tanjung Pinang sebanyak 141.808 orang, berikutnya Tanjung Perak 121.259 orang, kemudian Tanjung Balai Karimun 82.137 orang, lalu Makassar 63.426 orang, dan Balikpapan 51.118 orang.

Lebih lanjut, Ali mengatakan pada H+6 atau Sabtu (29/4) hingga H+7 atau Minggu (30/4), arus balik melalui jalur laut diperkirakan masih akan terjadi, namun tidak dalam jumlah yang terlalu besar.

Selain itu, ia juga menginformasikan bahwa rute Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan juga disiapkan untuk melayani kendaraan pengangkut logistik dan roda dua.

Baca juga:  Mobil Damkar Tabrak Kendaraan Pemudik di Mendoyo

Arus balik bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor dari Pelabuhan Panjang di Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan di Banten direncanakan akan berlayar pada H+6.

“Kami terus upayakan agar pelayanan di Pelabuhan Panjang bisa berjalan optimal sehingga tidak terjadi penumpukan dan bisa mempersingkat proses menuju penyeberangan ke Pelabuhan Ciwandan dan Indah Kiat di Banten,” kata Ali.

Adapun hingga H+4, Pelindo mencatat trafik di Pelabuhan Panjang mencapai 4.420 pemudik dan 3.830 unit kendaraan, terdiri atas 1.171 unit sepeda motor dan 2.659 unit kendaraan logistik.

Baca juga:  Jelang Mudik, Hampir 100 Persen Jalan Nasional Denpasar-Gilimanuk Berkondisi Mantap

“Bagi kami, kenyamanan dan keselamatan pemudik adalah hal yang paling utama, termasuk kebersihan toilet, kenyamanan ruang tunggu, ketersediaan mushola, ruang laktasi, ruang bermain anak, ruang pelayanan kesehatan serta penambahan personel keamanan sehingga pemudik merasa lebih nyaman dan berkesan,” tuturnya.

Pelindo bersama seluruh stakeholder instansi kepelabuhanan terus memantau titik pergerakan pemudik dan kendaraan dari seluruh terminal penumpang selama 24 jam melalui posko angkutan Lebaran sejak 7 April hingga 8 Mei 2023. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN