Setelah 8 tahun berjalan, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Pascasarjana Universits Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar akhirnya meraih Akreditasi Unggul pada tahun 2023 berlaku sejak 18 April 2023 sampai 18 April 2028. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Setelah 8 tahun berjalan, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Pascasarjana Universits Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar akhirnya meraih Akreditasi Unggul pada tahun 2023 berlaku sejak 18 April 2023 sampai 18 April 2028. Proses akreditasi yang berlangsung dari 3 – 5 April 2023 dilakukan tim asesor BAN PT yaitu, Dr. Ni Putu Listiawati, S.E., Ak., M.M. dan Prof. Dr. Hesti Sadtyadi, S.E.,M.Si.

Sertifikat dan SK Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tersebut diserahkan kepada Rektor UHN I GB Sugriwa Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si didampingi Direktur Pascasarjana UHN I GB Sugriwa Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati, M.Ag, dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos.,M.Si. Sertifikat dan SK Akreditasi tersebut merupakan Akreditasi kedua yang dilakukan Prodi Magister Ilkom Hindu Pascasarjana, yang mana sebelumnya Prodi Magister Ilkom Hindu meraih predikat Baik Sekali pada 2020.

Baca juga:  Mencukupi, Ruang Isolasi RSUD Sanjiwani Gianyar

Menurut Direktur Dewan Eksekutif BAN PT Prof. Ari Purbayanto, Ph.D predikat Unggul diberikan pada Prodi Magister Ilkom Hindu karena ada beberapa kriteria yang telah dipenuhi. Di antaranya, terdapat bukti yang sahih terkait praktek baik pengembangan budaya di perguruan tinggi, adanya perolehan status Akreditasi Program Studi, terjadinya efektivitas pelaksanaan, dan jumlah publikasi di jurnal ilmiah (baik Nasional maupun Internasional) dalam 3 tahun terakhir.

Baca juga:  Orientasi Mahasiswa Baru dan Upanayana Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Sementara Rektor UHN I GB Sugriwa I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si merasa bersyukur karena salah satu Prodi di bawah UPPS Pascasarjana UHN IGB Sugriwa meraih Predikat Unggul. Disebutkannya, sampai saat ini pihaknya merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Bali yang mengelola Program Studi Ilmu Komunikasi dari jenjang S1, S2, dan S3.

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati, M.Ag, mengatakan, Prodi Magister Ilkom Hindu menjadi prodi unggulan di Pascasarjana.

Baca juga:  Biodiversitas di Atas PDB!

Sementara itu, Ketua Prodi Magister Ilkom Hindu Pascasarjana UHN I GB Sugriwa Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri mengatakan, untuk meraih predikat ini melalui proses dan kerja cerdas serta memperoleh dukungan penuh dari seluruh stakeholders. “Sehingga Prodi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Pascasarjana UHN I GB Sugriwa tidak dipandang sebagai “menara gading tapi menara air” yang dapat memberikan motivasi dan inspirasi cemerlang dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN