Tri Handoko Seto. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dicanangkan menjadi World Class University. Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Tri Handoko Seto pada Jumat (10/9), dalam rilis yang diterima.

Ia menyebutkan target world class university ini pada 2033. “Penetapan target tahun 2033 tersebut mengacu pada syarat dan prosedur yang berlaku dan berdasarkan pengalaman dari berbagai perguruan tinggi yang mengajukan diri sebagai World Class University,” sebutnya.

Baca juga:  Korupsi Dana Hibah, Bandesa Adat Kaliakah Divonis Setahun

Saat ini, Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI bersama UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar terus melakukan persiapan dan peningkatan kualitas sarana pendidikan. Terdapat empat pilar utama yang harus dipenuhi perguruan tinggi sebagai World Class University meliputi kualitas penelitian, kualitas pengajaran, kualitas lulusan, dan wawasan internasional.

Selain itu, juga tujuh pilar manajemen berupa tata kelola, Tri Dharma Perguruan Tinggi, sumber maya manusia, sarana prasarana, kapasitas institusi, teknologi informasi dan komunikasi, dan pendanaan.

Baca juga:  Dirjen Tegaskan Tak Ada Jual Beli Jabatan di Bimas Hindu

Menurutnya beberapa faktor yang menjadikan UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar layak mendapatkan standar World Class University adalah UHN sudah terakreditasi B, satu-satunya PTKH negeri berbentuk universitas sehingga dalam operasionalnya mendapat dukungan pemerintah terkait anggaran melalui APBN.

“Selain itu dari sisi SDM, penelitian, publikasi ilmiah, dan kerja sama luar negeri juga telah cukup baik. Itu mengapa kita optimis menjadikan UHN sebagai kampus Hindu pertama yang mendapatkan standar World Class University,” sambungnya.

Baca juga:  Bila Meletus dalam Waktu Dekat, Ini Daerah Terdampak Abu Gunung Agung

Sebagai bentuk keseriusan Ditjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto telah memasukkan program ini sebagai bagian dari Quick Wins atau Delapan Program Prioritas Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI. “Ini adalah hal yang positif bagi SDM Hindu, dan dalam beberapa waktu ke depan saya akan mengajak Pak Menteri Agama untuk meninjau langsung persiapan UHN menuju World Class University,” tutupnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *