Suasana di Pura Agung Besakih saat IBTK. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Berdesakan dan kedinginan karena diguyur hujan deras saat melakukan persembahyangan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) Pura Agung Besakih, Jumat (21/4) menyebabkan sejumlah pemedek pingsan. Hal ini pun dibenarkan salah seorang pecalang Desa Adat Besakih, I Gede Paruna.

Ia mengungkapkan, kalau pemedek yang pingsan saat hendak melakukan persembahyangan kembali terjadi di Besakih. Salah satu pendek yang pingsan adalah perempuan berinisial IAPS. “Pemedek yang pingsan karena berdesak-desakan akibat membeludaknya pemedek yang tangkil. Termasuk akibat kedinginan karena Besakih sempat diguyur hujan deras,” ujarnya.

Baca juga:  Bali Macet Total, Pemerintah Harus Minta Maaf ke Wisatawan

Paruna menambahkan, pemedek yang pingsan tersebut langsung dibawa ke Pos Kesehatan yang ada di Bencingah Agung untuk mendapatkan perawatan dari tim medis. “Mereka digendong oleh para pecalang menuju pos kesehatan,” katanya.

Selain pemedek pingsan, jelas Paruna, ada juga sejumlah pemedek yang mengalami luka-luka. “Ada juga pemedek yang luka akibat jatuh saat berdesak-desakan menuju pintu masuk pura,” imbuh Paruna. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Swafoto Sambil Salto, Wisatawan Jatuh dari Tebing Broken Beach
BAGIKAN