Sekda Adi Arnawa saat menghadiri Upacara Puncak Karya Ngenteg Linggih di Pura Luhur Pucak Gegelang Desa Pelaga Petang, Rabu (19/4). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Mapedudusan Agung, Paselang, Mapedanan, Medasar Tawur Balik Sumpah Agung di Pura Luhur Pucak Gegelang. Puncak karya yang dilaksanakan Rabu (19/4) dipuput oleh  tiga sulinggih.

Di antaranya, Ida Pedanda Gede Isana Manuaba dari Griya Lebah Manuaba Abiansemal, Ida Pedanda Putra Sibang dari Griya Sibang Sanur, Ida Pedanda Gede Dharma Kerti dari Griya Budha Saraswati Batuan.

Bendesa Adat Nungnung, Sang Nyoman Sutena mengatakan, Pura Luhur Pucak Gegelang ke empon oleh empat desa ada diantaranya Desa Adat Sandakan, Desa Adat Nungnung, Desa Adat Kiadan dan Desa Adat Bukian. “Pada hari ini Puncak Karya nemonin Budha Kliwon Ugu Pinanggal 19 April 2023,” ujarnya.

Baca juga:  HUT YPAC Bali, Aston Kuta Partisipasi di Donor Darah

Menurutnya, prosesi upacara ini telah dilaksanakan mulai dari 9 Februari 2023 dengan Ngeruak lan Nyukat Genah di Pura Luhur Pucak Gegelang. Selanjutnya Tawur Agung kalaksanayang pada Sukra Kliwon Bala Pinanggal 14 April 2023.

“Upacara ini Nyejer selama 7 hari sampai 26 April 2023 nemonin Buda Paing Wayang kalaksanayang acara Penyineban ring Pura Luhur Pucak Gegelang,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa juga hadir. Birokrat asal Pecatu, Kuta Selatan ini mengucapkan rasa syukur bisa hadir dan ikut Ngastiti Bakti Puncak Karya Ngenteg Linggih di Pura Luhur Pucak Gegelang. Pihaknya juga banyak terima kasih kepada tokoh masyarakat semua, semoga dalam melaksanakan upacara dalam keadaan baik dan selalu sehat agar upacara ini berjalan dengan lancar Labda Karya Sida Sidaning Don, nemu Jagad Gemah, Ripah, Loh Jinawi.

Baca juga:  Bupati Tutup Lokalisasi Prostitusi di Kuta Selatan

“Serta saat melaksanakan upacara ini dengan hati yang tulus dan ikhlas dengan memiliki etikat yang baik Ning Nirmala agar pelaksanakan Karya Suci ini sukses dan lancar seperti yang diharapkan dan juga merupakan Stiti Bhakti kita kepada Ida Betara-Betari yang berstana di Pura Luhur Pucak Gegelang,” katanya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN