Suasana di Pelabuhan Gilimanuk (BP/Dokumen)

NEGARA, BALIPOST.com – Pelabuhan Gilimanuk pada Sabtu (15/4) malam mulai dipadati kendaraan pemudik yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa. Antrean kendaraan terjadi mulai malam hingga Minggu (16/4) pagi masih tersisa kendaraan yang hendak menyeberang. Dari data ASDP Cabang Ketapang, pada Sabtu (15/4) hingga Minggu (16/4) pagi tercatat ada 43.957 penumpang dan 13.224 unit kendaraan yang menyeberang dari Gilimanuk atau meninggalkan Bali.

Pada Minggu pagi menjelang siang, antrean yang sempat sampai di depan Pasar Umum Gilimanuk, berangsur habis dan kembali lancar. Jumlah kendaraan dan orang didominasi kendaraan pribadi mudik.

Baca juga:  Rayakan HUT, Semeton PCX Gianyar Gelar Baksos

Berbeda pada Jumat (14/4) malam yang juga terjadi lonjakan hingga 7.000 unit lebih kendaraan namun didominasi kendaraan barang. Manajer Operasional ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Djumadi menyebutkan data harian pada H-7 untuk penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk mencapai 43.957 orang, naik 2 persen dibanding tahun 2022.

Sedangkan kendaraan total mencapai 13.225 unit (baik R2, R4, bus dan barang). Naik 76 persen dibandingkan tahun 2022 yakni 7.508 unit.

Baca juga:  Dari Prediksi Wagub Cok Ace Soal Pemulihan Pariwisata Bali hingga Bahu Jalan Amblas Timbun Motor dan Pelinggih

ASDP mengoperasikan secara nonstop 24 jam 35 kapal penumpang di kondisi sangat padat. Termasuk tambahan KMP Jatra dengan kapasitas lebih besar bila diperlukan, guna mengurangi antrean khususnya di puncak arus mudik.

Namun pada H-7 atau Sabtu, masih tergolong belum padat dan baru 30 unit kapal dioperasikan melayani penyeberangan di 7 dermaga. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN