Bupati Dana melakukan kunjungan ke pasar tradisional untuk mengecek harga sembako jelang Idul Fitri. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Sepekan jelang Idul Fitri 1444 Hijiriah, sejumlah harga kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Karangasem masih cukup stabil. Bahkan, untuk memantau perkembangan harga kebutuhan pokok tersebut, Bupati Karangasem I Gede Dana turun langsung ke Pasar Subagan dan Pasar Amlapura Timur, Kamis (13/4).

Seorang pedagang daging ayam di Pasar Subagan Nurhasiah, mengungkapkan, harga daging ayam sudah mengalami kenaikan sejak awal bulan Ramadan. Hanya saja, untuk kenaikan harga tidak terlalu signifikan. “Sebelumnya Ramadan harganya Rp38 ribu per kilogram sedangkan saat ini harganya Rp42 ribu per kilogram. Mungkin yang menyebabkan naik karena permintaan meningkat di bulan suci ini. Kenaikannya bertahap, tidak langsung tinggi. Dan saya prediksi kenaikan harga daging ayam ini akan terus terjadi hingga hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Baca juga:  The Spirit of Lombok Sumbawa, NTB Targetkan 4 Juta Wisatawan

Pedagang Sembako di Pasar Amlapura Timur, Ni Nengah Rusni, mengakui, kalau harga sembako saat ini masih stabil. Yakni untuk harga cabai Rp 22 ribu per kilogram, bawang merah Rp 25 ribu per kilogram, bawang putih Rp 28 ribu per kilogram dan cabai merah besar Rp 28 ribu per kilogram. “Untuk harga cabai, bawang merah dan yang lainnya masih normal,” katanya.

Baca juga:  Penyaluran KUR BRI Tembus Rp88,99 Triliun per April 2022

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengungkapkan, dari hasil pantauan yang dilakukannya, harga kebutuhan pokok masih stabil. Hanya harga daging ayam yang mengalami kenaikan sedangkan yang lainnya tidak ada.

Bahkan harga cabai yang selama ini selalu naik ketika hari Raya besar justru saat ini harganya turun. “Jika nantinya terjadi lonjakan harga dalam beberapa hari kedepan, maka kita pasti akan melakukan langkah-langkah antisipasi seperti mengadakan operasi pasar dan yang lainnya supaya harga tetap stabil dan ketersediaan mencukupi,” kata Dana. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Antisipasi Pelanggaran, Petugas Satpol PP Lakukan Pengawasan
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *