Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dua pejabat baru, yakni kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan menteri pemuda dan olahraga (menpora), akan dilantik Presiden Joko Widodo pada pekan depan. “Minggu depan,” kata Presiden Jokowi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dikutip dari kator berita Antara, Jumat (31/3).

Pelantikan kepala baru BNPT itu untuk menggantikan Komjen Pol. Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun. Jokowi pun masih enggan mengungkapkan siapa sosok yang telah dia pilih untuk menggantikan Boy Rafli Amar. “Nanti,” tambahnya.

Baca juga:  "Bapak Suzuki Indonesia" Berpulang

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada Maret 2023 karena usianya sudah 58 tahun. Boy dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT pada 6 Mei 2020 menggantikan Komjen Pol. Suhardi Alius.

Boy Rafli merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1988. Sebelum menjadi Kepala BNPT, dia pernah menjabat beberapa posisi penting, seperti wakil kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, kepala Divisi Humas Polri, kepala Polda Banten, hingga kepala Polda Papua.

Baca juga:  Sumpah Pemuda dan Mimpi 2045

Boy Rafli Amar pun telah dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Perwira Tinggi (Pati) Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

Sementara itu, ketika ditanya lebih lanjut apakah pelantikan kepala baru BNPT berbarengan dengan pelantikan menpora pengganti Zainudin Amali, Jokowi juga menjawab singkat. “Minggu depan,” katanya.

Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menpora pada awal Maret 2023 karena dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Baca juga:  PPKM Jawa-Bali Diturunkan Levelnya di Sejumlah Wilayah

Tugas dan tanggung jawab menpora kemudian diemban oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy selaku Pelaksana Tugas (Plt) Menpora. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *