Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers sebelum berangkat ke Australia untuk menghadiri KTT ASEAN-Australia, Senin (4/3). (BP/BPMI Setpres)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo melakukan lawatan ke Australia, tepatnya ke Melbourne pada Senin 4 Maret 2024 pagi, untuk menghadiri perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Khusus ASEAN-Australia yang diselenggarakan pada 4 hingga 6 Maret 2024.

KTT ini merupakan perayaan 50 tahun hubungan kemitraan ASEAN dengan negara tersebut.

Presiden menyampaikan KTT diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia dan akan membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo Pasifik damai, stabil dan makmur.

Baca juga:  BMKG Jelaskan Faktor Penyebab Suhu Udara Panas Awal Bulan Mei

“Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi dan transformasi digital, serta kemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten termasuk dalam isu Palestina,” ujarnya.

Selain menghadiri KTT, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral Perdana Menteri Australia, Selandia Baru dan Kamboja.

Presiden bertolak dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB. Jokowi dan rombongan akan kembali ke Tanah Air pada Rabu (6/3).

Baca juga:  WNI di Hubei Segera Dievakuasi

Turut mendampingi Presiden saat memberikan keterangan pers kepada wartawan yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Dilansir dari Kantor Berita Antara, ASEAN dan Australia menjalin hubungan dialog sejak 1974 yang kemudian ditingkatkan menjadi Kemitraan Strategis pada 2014 dalam rangka peringatan 40 tahun hubungan tersebut.

Baca juga:  Covid-19 Varian XBB Lebih Cepat Penularannya

Kedua belah pihak menyepakati Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-Australia pada 2021. Selama 50 tahun terakhir, kerja sama antara ASEAN dan Australia terus berkembang, diperdalam, dan diperluas hingga mencakup berbagai bidang di tiga pilar Komunitas ASEAN. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *