Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) didampingi Kepala Perwakilan BInProvinsi Bali, Trisno Nugroho memulai pelaksanaan Kick Off SERAMBI 2023 yang ditandai dengan penekanan layar digital di Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, Senin (27/3). (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali, Trisno Nugroho memulai pelaksanaan Semarak Berkah Ramadhan dan Idul Fitri (Kick Off Serambi) 2023 yang ditandai dengan penekanan layar digital di Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, Senin (27/3). Dalam arahannya, Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasi atas kegiatan Kick Off Serambi 2023 yang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat Bali dalam penukaran uang layak edar menjelang hari raya Idul Fitri.

Dikatakan, tahun ini BI menyiapkan penukaran uang layak edar menghadapi lebaran tahun 2023 meningkat dibanding lebaran tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut terkait dengan pertumbuhan perekonomian yang semakin membaik dan tidak ada lagi penetapan status PPKM oleh pemerintah serta tradisi mudik yang dilakukan oleh masyarakat pada saat Idul Fitri. Untuk itu, BI akan melayani penukaran uang melalui perbankan di seluruh Provinsi se-Indonesia, termasuk di Provinsi Bali.

Baca juga:  Gempa Cukup Kuat Bikin Warga Lereng Gunung Cemas 

“Untuk masyarakat Bali yang akan menukarkan uang untuk perayaan Idul Fitri atau Lebaran tahun 2023, saya minta agar menukarkan uang di perbankan/tempat yang ditunjuk oleh Bank Indonesia. Masyarakat tidak perlu khawatir karena Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali akan menyediakan kebutuhan uang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang cukup,” ujar Wagub Cok Ace.

Hal senada juga disampaikan Trisno Nugroho. Dikatakan, aktivitas ekonomi yang semakin membaik di Pulau Bali berdampak pada meningkatnya kebutuhan uang tunai. Untuk itu, diproyeksikan kebutuhan uang tunai selama Ramadhan 2023 sebesar Rp2.985 miliar atau meningkat 5% dibandingkan tahun 2022. Disamping itu, untuk kegiatan penukaran uang juga dibuka layanan penukaran di 206 jaringan kantor bank yang tersebar di seluruh wilayah Bali serta layanan penukaran di fasilitas publik. Seperti, layanan di pusat keramaian, kas keliling bersama, serta Layanan Kas Peduli Mudik di Terminal Mengwi dan Padangbai.

Baca juga:  BI Optimis Triwulan II Lebih Baik

“Kami berkomitmen memastikan ketersediaan uang Rupiah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Bali pada periode bulan Ramadhan tahun 2023 ini, dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, just in time dan dalam kondisi layak edar,” tandasnya.

Trisno Nugroho juga berharap dengan kegiatan SERAMBI 2023 ini masyarakat akan teredukasi untuk cinta bangga paham rupiah, khususnya mengenai cara pengelolaan uang. Hal ini seiring dengan permintaan uang yang semakin meningkat selama Ramadhan. Sehingga, diimbau masyarakat untuk “Belanja Bijak Menggunakan Rupiah” sebagai upaya bersama menekan kenaikan harga barang/inflasi.

Baca juga:  BNPT, TNI dan Polri Harus Bersatu Hadapi Teroris

Kick Off Serambi 2023 juga diisi dengan acara pelepasan mobil kas keliling yang akan berkeliling Bali melayani penukaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN