Suasana di Pelabuhan Padangbai, Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pelabuhan Padangbai-Lembar yang terletak di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem akan ditutup selama 24 jam saat hari raya Nyepi, sejak Rabu (22/3). Dan puluhan personel disiagakan di areal Pelabuhan untuk pengamanan.

Kepala BPTD Wilayah XII Bali di Pelabuhan Padangbai I Nyoman Sastrawan, Senin (20/3) mengatakan penutupan berdasarkan surat dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Balai Pengelola Transformasi Darat Wilayah XII-5 Provinsi Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada Rabu 22 Maret 2023 mulai pukul 06.00 WITA sampai dengan Kamis 23 Maret 2023 pukul 06.00 WITA, kapal-kapal Pelabuhan Pelabuhan Gilimanuk, Penyeberangan Padangbai dan Pelabuhan Penyeberangan Lembar tidak beroperasi sehubungan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1944.

Baca juga:  Angin Kencang, Penerbangan Terdampak dan Sejumlah Plafon di Bandara Ngurah Rai Lepas

Sastrawan, mengatakan untuk jadwal pengoperasian diatur. Untuk jadwal keberangkatan terakhir yakni kapal terakhir diberangkatkan dari Pelabuhan Penyeberangan Padangbai pada hari Rabu 22 Maret 2023 pukul 03.00 WITA, kemudian kapal terakhir diberangkatkan dari Pelabuhan Penyeberangan Lembar pada Selasa, 21 Maret 2023 pukul 19.30 WITA.

“Untuk jadwal pengoperasian kembali, yakni Kapal pertama diberangkatkan dari Pelabuhan Penyeberangan Padangbai pada Kamis tanggal 23 Maret 2023 pukul 09.00 WITA, dan kapal pertama diberangkatkan dari Pelabuhan Penyeberangan Lembar pada Kamis tanggal 23 Maret 2023 pukul 04.30 WITA. Jadi, penyeberangan dari Pelabuhan Padangbai-Lembar untuk sementara tidak beroperasi selama 24 jam saat Nyepi. Tapi setelah itu pelabuhan akan kembali beroperasi normal,” kata Sastrawan.

Baca juga:  Airlangga Hartarto Sebut PPKM Diperpanjang

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Laut Padangbai, Kompol I Made Suadnyana, mengatakan, untuk pengamanan serangkaian Hari Raya Nyepi, pihaknya menyiagakan puluhan personel untuk melakukan pengamanan di Pelabuhan. “Kita libatkan 24 personil untuk pengamanan. Mereka akan disebar di enam titik di pintu masuk dan areal pelabuhan. Kita harap, pelaksanaan Nyepi bisa berjalan dengan lancar,” jelas Suadnyana. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN