Putra pertama Raja Denpasar IX, A A N A Wira Bima Wikrama bersama I B Gede Pidada berbincang-bincang terkait pelebon Raja Denpasar IX, Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan di Puri Agung Denpasar, Selasa (28/2). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Selasa (28/2), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Palebon Raja Denpasar IX Digelar Juni 2023, Berikut Rangkaiannya

DENPASAR, BALIPOST.com – Raja Denpasar IX Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan lebar pada Minggu (19/2). Kini semeton Puri Agung Denpasar (Satria) akan mempersiapkan puncak palebonnya. Rencananya, puncak palebon Ida Tjokorda akan dilakukan pada Rabu, 21 Juni 2023.

Sedangkan sebelum puncak palebon, akan dilakukan malelet pada 6 Maret. Hal ini diungkapkan putra pertama Ida Tjokorda, A.A.Ngurah Agung Wira Bima Wikrama ditemui di kediamannya, Selasa (28/2).

Selengkapnya baca di sini

2. Tenaga Kerja Asing Ilegal Marak di Bali, Pemprov Bentuk Satgas Penindakan

Baca juga:  Layani Periode Mudik Lebaran, Bandara Soetta Tambah 2.000 Penerbangan

DENPASAR, BALIPOST.com – Maraknya tenaga kerja asing (TKA) tak berizin alias ilegal mencari nafkah di Bali mendapat respons dari Pemerintah Provinsi Bali. Bahkan, rapat koordinasi lintas sektor telah dilakukan dengan membentuk Satgas untuk menindak tegas TKA ilegal.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, mengatakan bahwa menindaklanjuti maraknya TKA ilegal mencari nafkah di Bali, Dispar Bali telah membentuk satgas yang terdiri dari perangkat daerah provinsi. Termasuk di dalamnya pihak imigrasi, kepolisian, dan Disnaker & ESDM Bali.

Selengkapnya baca di sini

3. “Seawall” Sisi Barat di Pantai Pandawa Jebol

MANGUPURA, BALIPOST.com – Cuaca ekstrem yang disertai gelombang laut tinggi cukup berdampak pada sejumlah pesisir pantai di Badung. Selain menimbulkan abrasi parah di Kuta, Nusa Dua, Kelan, dan Tanjung Benoa, fenomena alam ini membuat seawall (tanggul pembatas) di sisi barat Pantai Pandawa, Desa Kutuh, jebol.

Baca juga:  Karena Ini, Pintu Keluar Masuk Denpasar Diawasi Polisi, TNI dan Dishub

Khawatir kondisi ini semakin parah, desa adat dan pengelola pantai langsung melaporkan kerusakan tersebut ke pihak terkait. Karenanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida langsung turun ke lokasi.

Selengkapnya baca di sini

4. WN Prancis Rampok Minimarket, Uang Puluhan Juta hingga Rokok Diembat

DENPASAR, BALIPOST.com – Pengungkapan kasus curat, curas dan curanmor (3C) pada Januari-Februari 2023 oleh Satreskrim Polresta Denpasar dan jajaran polsek dirilis Kapolresta Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, Selasa (28/2). Jumlah kejadian yang diungkap 63 kasus dan ditangkap 74 orang.

Salah satu kasus menonjol yang diungkap yakni perampokan minimarket di areal Puja Mandala, Jalan Kuru Sentra, Benoa, Kuta Selatan (Kutsel). Pelakunya, JRM asal Prancis. Pria pengangguran ini mengambil uang tunai Rp35.380.000, minuman, hingga rokok berbagai merek.

Baca juga:  Jerinx Ajukan Kontra Memori

Selengkapnya baca di sini

5. Kasus Korupsi SPI Unud, Mantan Rektor Diperiksa

DENPASAR, BALIPOST.com – Mantan Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. Anak Agung Raka Sudewi, Sp.S(K)., diperiksa penyidik pidana khusus Kejaksaan Tinggi Bali. Raka Sudewi diperiksa sebagai saksi perkara dugaan korupsi penggunaan dana Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa (28/2), Rektor Universitas Udayana periode 2017-2021 itu terlihat keluar masuk ruangan penyidik. Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Bali Putu Agus Eka Sabana Putra saat dikonfirmasi terkait pemeriksaan itu membenarkan bahwa beberapa saksi diperiksa Kejati Bali, termasuk mantan Rektor Universitas Udayana.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN