Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Masa-masa kehamilan adalah momen yang sangat penting, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan. Para ibu hamil (bumil) harus menjaga bayi di dalam kandungan agar tetap sehat dengan menghindari hal-hal yang dapat membahayakan janin.

Dilansir dari Pregnancy Birth & Baby, berikut tujuh hal yang harus kamu hindari selama masa kehamilan :

1. Akupuntur dan Pijat

Akupuntur dan pijat dianggap aman selama masa kehamilan, tapi selama tiga bulan pertama kehamilan, kamu tidak boleh mendapatkan akupuntur maupun pijatan. Jika kamu akan melakukan akuputur atau pijat, beri tahu bahwa kamu sedang dalam masa kehamilan karena ada titik akupuntur tertentu yang tidak aman selama kehamilan.

Baca juga:  Jalan Berlubang di Negara Makan Korban, Pengendara Motor Hamil Alami Pendarahan

2. Kucing

Toksoplasmosis merupakan infeksi umum yang terjadi pada sebagian besar burung dan mamalia, termasuk manusia, dan dapat menyebabkan masalah yang serius pada kehamilan. Parasit yang disebut Toxoplasma gondii (T. gondii) dapat ditemukan di kotoran kucing atau tanah. Risiko terkena toksoplasmosis saat hamil sangat rendah. Namun, jika kamu terkena toksoplasmosis pada tahap awal kehamilan, risiko keguguran akan meningkat dan dapat menyebabkan kebutaan serta kerusakan otak pada bayi yang belum lahir.

3. Produk Pembersih

Pastikan kamu selalu memeriksa label produk pembersih untuk memastikan tidak ada peringatan keselamatan bagi ibu hamil. Ketika kamu menggunakan produk pembersih, lem, cat, atau bahan kimia rumah tangga lainnya, ikuti petunjuk keselamatan pada label.

Baca juga:  Pemda Diminta Buat Isoter Khusus Ibu Hamil

4. Olahraga

Beraktivitas dan berolahraga selama masa kehamilan itu bagus, tapi konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan yang menghalangimu untuk olahraga.

5. Alkohol

Berapa pun kadar alkohol yang kamu minum saat masa kehamilan, itu tidak baik. Berhenti minum alkohol saat merencanakan kehamilan, masa kehamilan, hingga menyusui, adalah pilihan yang paling aman karena alkohol dapat membahayakan bayi yang belum lahir.

Baca juga:  Kemenkes Ajak Masyarakat Cegah Penularan Hepatitis B

6. Cat

Meski risiko paparan cat sangat rendah, tidak ada salahnya untuk menghindarinya. Hindari mengecat dan mendekorasi rumah setidaknya sampai minggu-14 kehamilan. Paparan cat atau bahan kimia berbahaya apa pun dapat memengaruhi bayi.

7. X-Rays

Jika memungkinkan, hindari rontgen saat hamil. Radiasi sinar-x saat kehamilan dapat berisiko menyebabkan cacat lahir dan masalah perkembangan fisik serta mental. Paparan radiasi yang berulang kali dapat merusak sel-sel tubuh, yang meningkatkan risiko berkembangnya kanker.

Selama masa kehamilan, pastikan kamu selalu berkonsultasi dengan bidan atau dokter agar kamu mengetahui kondisi bayi dalam kandunganmu. (kmb/balipost)

BAGIKAN