Salah satu jenis makanan dengan bahan dasar ikan. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ikan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan untuk semua orang. Mengonsumsi ikan sering disarankan untuk wanita hamil, wanita menyusui, dan anak-anak.

Ikan mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat ikan untuk kesehatan tubuh :

Tinggi Nutrisi

Ikan memiliki nutrisi penting, termasuk protein berkualitas tinggi, yodium, serta berbagai vitamin dan mineral. Beberapa spesies ikan yang berlemak juga memiliki kandungan nutrisi berbasis lemak. Jenis ikan berlemak yaitu salmon, trout, sarden, tuna, dan makarel. Ikan berlemak juga kaya asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk fungsi tubuh dan otak yang optimal, serta dapat menurunkan berbagai risiko penyakit.

Menurunkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Serangan jantung dan stroke merupakan penyebab kematian dini paling umum di dunia. Mengonsumsi ikan secara teratur memiliki risiko serangan jantung, stroke, dan kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendahh. Bahkan, ikan berlemak lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Baca juga:  Konsumsi Ikan, Kualitas Tidur Anak Lebih Baik

Mengandung Nutri Penting Selama Masa Pertumbuhan

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Asam DHA lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. Maka dari itu, wanita hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi asam lemak omega-3 yang cukup. Namun, beberapa ikan mengandung merkuri tinggi yang terkait dengan masalah perkembangan otak, sehingga wanita hamil dan menyusui harus mengandung ikan mentah karena mengandung mikroorganisme yang membahayakan janin.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Baca juga:  Makan Mie Instan, Baiknya Dikombinasikan dengan Bahan Bernutrisi

Fungsi otak akan menurun seiring bertambahnya usia. Meski penurunan mental itu normal, dapat menyebabkan penyakit serius seperti Alzheimer. Mengonsumsi lebih banyak ikan dapat memperlambat tingkat penurunan mental.

Mencegah dan Mengobati Depresi

Depresi merupakan kondisi mental yang umum, ditandai dengan suasana hati yang rendah, kesedihan, penurunan energi, serta kehilangan minat dalam hidup dan aktivitas. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan dapat melawan depresi dan secara signifikan meningkatkan keefektifan obat antidepresan. Ikan juga dapat membantu kondisi mental lainnya, seperti gangguan bipolar.

Sumber Vitamin D yang Baik

Vitamin D berfungsi seperti hormon steroid dalam tubuh. Ikan berlemak seperti salmon dan herring mengandung jumlah vitamin D yang tinggi. Satu porsi 4 ons salmon matang mengandung sekitar 100% dari asupan vitamin D yang direkomendasikan.

Baca juga:  Kesdam IX/Udayana Gelar Rapid Antigen¬†Lansia Gratis, Ini Lokasinya

Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Asupan omega-3 atau minyak ikan yang cukup dapay menurunkan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak, serta bentuk diabetes autoimun pada orang dewasa.

Mencegah Asma pada Anak

Asma adalah penyakit umum yang ditandai dengan peradangan kronis pada saluran udara. Mengonsumsi ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko asma 24% lebih rendah pada anak-anak, tapi tidak ada efek signifikan pada orang dewasa.

Melindungi Penglihatan di Usia Tua

AMD merupakan penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan yang menyerang orang tua. Asupan ikan secara teratur dapat menurunkan risiko AMD. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *