Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tampilan kuku yang cantik didasarkan pada kondisi kesehatan dari dalam, apabila kuku mendapat nutrisi dan perawatan yang diperlukan. Kuku akan senantiasa tampak cantik, bersih dan sehat.

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan menjadi temoat berkembangnya kuman. Kesehatan dan kebersihan kuku seringkali diabaikan, padahal kuku yang kotor bisa menjadi sarang kuman. Kuku jari terdiri dari lapisan protein yang disebut dengan keratin.

Kuku bertumbuh dari bagian bawah kutikula. Kuku yang sehat seharusnya kuat dan tidak mudah patah, permukaan kuku rata dan halus, dan warna merah mudah pada bantalan kuku. Mempunyai kuku yang sehat dan cantik dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Baca juga:  Dibantah! Pemberitaan Media Australia Ada Peningkatan Kasus JE di Bali

Berikut cara menjaga kesehatan kuku kaki dan tangan, dikutip dari berbagai sumber, yaitu:

1. Potong Kuku Seperlunya Saja

Untuk menjaga Kesehatan kuku, potonglah kuku seperlunya saja. Hindari memotong bagian kutikula kuku, karena dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam atau cantengan. Pastikan memotong kuku dengan pemotong kuku yang tajam, jika tidak jurstru akan merusak kuku.

2. Hindari Menggigit Kuku

Menggigit kuku bisa membuat kuku menjadi patah dan lembab. Selain itu kuman yang berada di dalam kuku yang kita gigit bisa masuk kedalam tubuh melalui mulut.

Baca juga:  Tomat Perlambat Pertumbuhan Sel Kanker

3. Jaga Kuku Supaya Kering

Kuku yang kering akan membuat kuku menjadi lebih bersih dan terhindar dari jamur. Kuku yang terlalu lama terkena air dan zat kimia bisa rapuh sehingga mudah patah, sehingga disarankan menggunakan sarung tangan khusus saat ingin memcuci baju atau piring.

4. Kurangi Penggunaan Aseton

Aseton sering digunakan untuk menghapus kutek dan cat kuku. Sesekali mungkin tidak masalah, jika terlalu sering menggunakan aseton dapat membuat kuku jadi rapuh dan rusak.

5. Hindari Penggunaan Amplas yang Kasar

Mengamplas kuku dengan amplas kasar dapat memicu munculnya celah kecil retak yang dapat membuat kerusakan dan robek padakuku.

Baca juga:  Hendak Galungan, Kasi di Satpol PP Tabanan Meninggal Jadi Korban Tabrakan Beruntun

6. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Selain perawatan luar, kita juga harus merawat kuku dari dalam dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Mengonsumsi buah dan sayur sangat disarankan untuk menjaga kuku agar tetap kuat dan tidak mudah lepas. Vitamin yang dapat membantu menguatkan kuku yaknivitamin A, B6, dan C.

7. Rawat Kuku Panjang dengan Tepat

Cara merawat kuku Panjang adalah dengan selalu membersihkannya. Agar kuku tetap sehat kita bisa menggunakan minyak alami. (Sinta/balipost)

BAGIKAN