Ilustrasi. (BP/Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hari Valentine atau hari kasih sayang akan tiba sebentar lagi, tepatnya pada 14 Februari mendatang. Di hari kasih sayang, kamu tentunya ingin memberikan hadiah yang melambangkan kasih sayang pada orang tercinta.

Salah satu hadiah yang bisa kamu berikan adalah bunga. Namun, setiap bunga memiliki makna yang berbeda-beda. Untuk mengungkapkan rasa cintamu, berikut delapan bunga yang bermakna kasih sayang, dilansir dari berbagai sumber :

1. Mawar

Bunga mawar paling sering digunakan untuk hadiah pada orang tersayang. Masing-masing bunga mawar memiliki arti yang berbeda. Mawar merah merupakan sumbil keromantisan, keberanian, dan keinginan kuat untuk menjaga pasangannya. Mawar merah biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta pada orang terkasih.

Baca juga:  Bank Indonesia Putuskan Naikan Suku Bunga

2. Aster

Bunga aster dimaknai sebagai rasa kebijaksanaan, keberanian, dan keyakinan. Dalam bahasa Yunani, aster diartikan sebagai bintang, yang menjadi simbol cahaya dan harapan. Selain itu, bunga aster juga memiliki makna cinta dan kasih sayang.

3. Tulip

Tulip menjadi simbol nasional bagi negara Belanda dan Turki. Bunga tulip memiliki makna kesempurnaan dan cinta abadi. Selain itu, bung aini juga memiliki makna kasih sayang yang tak terhingga, penghargaan, keagungan, kelimpahan, dan kemakmuran.

4. Krisan

Bunga krisan memiliki makna keceriaan, kasih sayang, persahabatan, dan rahasia. Masing-masing warna bunga krisan memiliki makna yang berbeda-beda. Krisan berwarna perak bermakna cinta pada teman dekat, warna merah bermakna cinta, dan krisan kuning bermakna cinta yang bertepuk sebelah tangah.

Baca juga:  Akhiri 2022, Ini Sejumlah Agenda di Bali Bisa Kamu Saksikan

5. Peony

Berdasarkan cerita mitos, bunga peony memiliki makna welas asih dan kasih sayang. Selain digunakan untuk hadiah, bunga peony juga kerap digunakan untuk pengobatan pada zaman dulu. Di abad pertengahan, akar dan biji peony dipercaya dapat menyembuhkan lebih dari dua puluh penyakit, termasuk epilepsi dan gigitan ular.

6. Edelweiss

Bunga edelweiss juga dikenal dengan nama bunga salju yang berasal dari Pegunungan Alpen di Swiss dan beberapa tempat di Asia yang memiliki udara dingin. Bunga ini melambangkan cinta yang madi karena bunga edelweiss tidak gampang mati dan layu, bahkan dapat bertahap hingga sepuluh tahun.

Baca juga:  Permintaan Tinggi, Budidaya Mawar Potensial Dikembangkan

7. Hydrangea

Bunga ini pertama kali dibudidayakan di Jepang. Hydrangea merupakan simbol dari rasa syukur dan permintaan maaf. Setiap warna dari bung aini memiliki arti yang berbeda, warna pink bermakna cinta dan perasaan tulus, warna biru bermakna permintaan maaf, warna putih bermakna kemurniaan dan keagungan, serta warna ungu melambangkan kekayaan dan kelimpahan.

8. Matahari

Bunga matahari memiliki arti kesetiaan karena penampang bunga ini selalu setia mengikuti arah matahari bersinar. Warna bunga matahari yang kuning juga identik dengan kehangatan dan kebahagiaan.

Memberikan bunga pada orang tercinta akan membuat mereka bahagia, apalagi bunga tersebut memiliki makna mendalam yang bisa mengungkapkan perasaanmu. (kmb/balipost)

BAGIKAN