Bawang Putih. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bawang putih merupakan salah satu makanan yang dipercaya memiliki kandungan yang dapat memberikan kesehatan untuk tubuh. Bahkan, saat ini banyak suplemen yang menggunakan bawang putih.

Berikut beberapa manfaat bawang putih yang dilansir dari Everyday Health :

Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih dapat merangsang sintesis oksida nitrat yang melebarkan pembuluh darah. Selain itu, juga dapat menghambat aktivitas ACE (angiotensin-converting enzyme). yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah. Dua hal tersebut dapat mendukung aliran dan tekanan darah yang sehat.

Meredakan Peradangan

Peradangan kronis dapat menimbulkan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan radang sendi. Mengonsumsi bawang putih membantu menghambat aktivitas protein peradangan tertentu, sehingga dapat meredakan peradangan.

Baca juga:  Refocusing Anggaran, Petani Batal Dapat Benih Bawang Putih

Menurunkan Kolesterol

Bawang putih dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan membantu mengurangi produksi kolesterol oleh hati. Mengonsumsi suplemen bawang putih efektif dalam menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol LDL tinggi yang merupakan dua faktor risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam pengobatan pandemic Covid-19, beberapa orang mengonsumsi bawang putih yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih dapat berperan dalam mekanisma pertahanan tubuh dalam beberapa cara. Allicin yang terkandung dalam bawang putih dapat memberikan sifat antibakteri. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antivirus yang bekerja dengan memblokir masuknya virus ke dalam sel dan memperkuat sistem kekebalan.

Baca juga:  Strategi Gubernur Koster Kembangkan Bawang Putih, Tidak Mengada-ada

Mengurangi Pembekuan Darah

Senyawa yang terkandung dalam bawang putih memiliki sifat anti-pembekuan. Ini dapat membantu mencegah aterosklerosis, yaitu suatu proses di mana penumpukan plak menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Asterosklerosis dapat meningkatkan risiko pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Mengandung Sejumlah Antioksidan

Nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam bawang putih memberikan sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan tidak hanya bermanfaat bagi pembuluh darah dan mengurangi peradangan, tapi juga dapat menyerap radikal bebas yang merusak dan menyebabkan penyakit seperti kanker.

Baca juga:  Ngamuk, ODGJ Asal Tegallalang Diamankan

Selain mengonsumsi suplemen bawang putih, kamu juga bisa menambahkan beberapa suing bawang putih dalam beberapa olahan makanan untuk mendapatkan manfaatnya. Bawang putih juga dapat memberikan rasa pada makanan sehat yang tidak menggunakan garam dan penyedap. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *