Duduk sambil menggoyangkan kaki
Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Beberapa orang mungkin menganggap belajar adalah kegiatan yang membosankan dan merasa malas untuk melakukannya. Oleh karena itu, mereka terkadang susah untuk berkonsentrasi dan fokus.

Beberapa cara di bawah ini dapat membantumu untuk fokus dalam belajar :

1. Belajar di Tempat yang Jauh dari Kebisingan

Kebisingan merupakan faktor utama yang biasanya mengganggu fokus belajar. Sebaiknya, kamu belajar di tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan. Kamu bisa mencoba belajar di perpustakaan atau cafe yang memiliki suasana tenang.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik saat belajar sebenarnya tergantung masing-masing orang. Ada beberapa orang yang merasa terganggu saat belajar sambil mendengarkan musik, tapi ada beberapa orang yang merasa lebih semangat belajar saat mendengarkan musik. Cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu bernada semangat atau lagu yang menenangkan. Pilihan musik juga tergantung referensi masing-masing orang.

Baca juga:  Tujuh Siswa SMK Kesurupan Saat Belajar

3. Minum Kopi

Kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat membuatmu terjaga. Kandungan kafein ini juga terdapat dalam teh, jadi jika kamu tidak minum kopi, kamu bisa menggantinya dengan teh. Namun, jangan mengonsumsi kafein secara berlebihan karena dapat berdampak buruk untuk kesehatanmu.

4. Makan Makanan Asam

Selain kafein, makanan asam juga dapat membuatmu terjaga. Rasanya yang kecut dan asam akan membuatmu tersadar dari rasa kantukmu. Agar tidak terlalu mengganggu waktu belajarmu, kamu bisa mencoba mengonsumsi permen asam yang banyak beredar di pasaran.

Baca juga:  Pintu Masuk SDN 1 Buduk Dipasangi Gembok  

5. Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro merupakan teknik manajemen waktu yang dapat membantumu untuk bekerja lebih produktif. Teknik ini dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Francesco Cirillo dan telah digunakan secara luas oleh orang-orang untuk melakukan tugas dalam waktu singkat. Teknik pomodoro menerapkan sistem 25 menit waktu belajar dan meluangkan waktu 5 menit untuk istirahat

6. Jauhkan Smartphone

Selain kebisingan, smartphone juga dapat mengganggu konsentrasi belajarmu. Biasanya saat kamu bermain smartphone, kamu akan terus memainkannya hingga berjam-jam sampai lupa waktu. Maka dari itu, sebaiknya jauhkan smartphone saat kamu belajar atau kamu juga bisa membuatnya dalam mode diam.

Baca juga:  Belajar Daring, Momentum Pendidikan Menuju Digitalisasi

7. Belajar Bersama Teman

Belajar sendiri mungkin dapat membuatmu malas dan tidak termotivasi. Kamu bisa mengajak temanmu untuk belajar bersama agar kamu lebih termotivasi. Pastikan kamu dan temanmu benar-benar fokus belajar, jangan malah mengobrol atau melakukan hal lain.

Belajar dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan jika kamu giat menjalaninya. Ini bukan hanya berdampak pada nilaimu, tapi juga pada masa depanmu. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *