Presiden RI Joko Widodo disambut Bupati Jembrana, I Nengah Tamba saat mengunjungi Sentra Tenun di Jembrana, Kamis (2/2). (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Usai melaksanakan kunjungan ke Pasar Melaya, Kabupaten Jembrana, Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk mengunjungi Sentra Tenun Jembrana yang merupakan sentra kerajinan dan pusat oleh-oleh di Kabupaten Jembrana, Kamis (2/2). Tiba sekitar pukul 18.20 WITA, Presiden Jokowi disambut hangat oleh ribuan masyarakat yang hadir untuk melihat kedatangannya.

Presiden Jokowi turun dari mobil langsung menyapa seluruh masyarakat Jembrana serta beberapa masyarakat yang beruntung dapat berfoto langsung dengan Jokowi.

Di Sentra Tenun, Presiden Jokowi disambut kembali oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna dengan pemakaian destar dan pengalungan kain songket khas Jembrana. Tampak hadir juga, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Bali Wayan Koster dan jajaran Kabinet lainnya.

Baca juga:  Sejak 2016 Lakukan Transplantasi Ginjal, Keberhasilan RSUP Sanglah 100 Persen

Presiden Jokowi diajak berkeliling melihat proses pengerjaan kain endek dan hasil kreasi kain endek serta melihat produk yang dihasilkan UMKM. Presiden Jokowi bersama dengan Menteri PUPR dan jajaran lainnya membeli sepatu endek. Presiden Jokowi dikenal suka memakai sepatu sneakers, dan ini menjadi kebanggaan tersendiri bahwa sepatu endek khas Jembrana dibeli olehnya. Sebanyak 18 orang penenun juga menerima bantuan langsung tunai dari Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi sangat mengapresiasi antusias masyarakat Jembrana dalam menyambut kedatangannya. Selain itu, ia juga mendukung segala bentuk pelestarian terhadap kain tenun khas Bali pada umumnya dan tenun Jembrana pada khususnya.

Baca juga:  Vaksin PMK di Jembrana Diprioritaskan ke 4 Wilayah Temuan Suspect

“Saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas sambutan masyarakat dan juga bapak Bupati di kabupaten Jembrana yang memang baru hari ini saya kunjungi. Dan saya juga sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh pak Bupati dan didukung oleh pak Gubernur Bali dalam mengembangkan tenun songket untuk pengembangan industri industri kecil kain tenun dan songket yang ada,” ucap Jokowi.

Presiden asal kota Solo ini mengatakan dengan dukungan dari pemerintah, akan memicu terciptanya ekonomi kreatif dengan mengangkat produk-produk khas daerah sebagai produk unggulan yang dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat. “Ini akan mendorong industri kreatif utamanya handmade bisa berkembang dengan kebijakan ada Pergub setiap Selasa pakai kain endek Bali dan setiap Kamis pakai busana adat. Ini akan mendorong industri kreatif yang berbasis budaya lokal. Ini sangat saya hargai,” jelas Jokowi.

Baca juga:  BRI Bantu Pelaku UMKM Papua Daur Ulang Sampah Jadi Kerajinan Tangan

Sementara itu, Bupati Tamba mengungkapkan kegembiraannya bahwa Presiden Jokowi dapat hadir ke Jembrana disambut sangat baik oleh masyarakat Jembrana. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jembrana termasuk juga jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Jembrana dan Forkopimda, tentu juga atas restu Tuhan Yang Maha Esa sehingga acara hari ini berjalan sangat baik, cuaca yang kondusif dan masyarakatnya sangat sopan dan santun,” ucapnya.

Bupati Tamba mengungkapkan Presiden Jokowi sangat mengapresiasi proses pembuatan kain tenun yang dapat dikatakan cukup rumit. (Adv/Balipost)

BAGIKAN