Wisatawan berada di puncak Gunung Agung. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mendaki memang kegiatan yang menyenangkan, tapi sekaligus berbahaya. Sebelum mendaki, kamu harus menyiapkan banyak hal, bukan hanya fisik dan mentalmu saja, tapi juga barang-barang bawaanmu.

Kamu harus memastikan bahwa kamu siap untuk segala kemungkinan terburuk. Menurut The Mountaineers, ada sepuluh benda esensial yang harus dibawa saat pergi mendaki. Yuk simak apa saja bendanya :

1. Alat Navigasi

Saat mendaki sangat sulit mengetahui arah tanpa bantuan navigasi. Maka dari itu, sebaiknya kamu membawa alat navigasi, seperti peta, kompas, atau smartphone. Namun, jangan terlalu mengandalkan smartphone karena bisa saja tidak ada sinyal atau baterai habis.

Baca juga:  Aktivitas Gunung Anak Krakatau Mereda

2. Senter

Beberapa trek penndakian masih jarang yang memiliki penerangan. Meski kamu tidak berencana untuk bermalam, tetap bawa senter untuk berjaga-jaga.

3. Sunscreen

Saat mendaki kamu menuju tempat yang tinggi dan beberapa di antaranya memiliki suhu yang panas saat siang hari. Maka dari itu, gunakan sunscreen, baju berlengan panjang, atau kacamata untuk melindungi tubuhmu.

4. Obat-Obatan

Kamu harus bersiap untuk situasi terburuk. Pastikan kamu membawa obat-obatan, seperti pengusir serangga, obat luka, dan alat pertolongan pertama lainnya.

5. Pisau

Pisau dibawa untuk berjaga-jaga saat ada keadaan buruk. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengolah makanan atau menyibak rumput yang lebat.

Baca juga:  Dari Puluhan Duktang Terjaring hingga Kapolda Bali Raih Peringkat Terbaik

6. Api

Selain senter, kamu juga wajib membawa benda yang menghasilkan api, seperti korek atau kompor portable. Mungkin saja saat berada di puncak kamu merasa kedinginan dan ingin menyalakan api unggun.

7. Tenda

Meski kamu tidak berencana untuk menginap, bawalah tenda untuk berjaga-jaga. Ini bisa digunakan untuk tempat beristirahat jika kamu lelah.

8. Makanan Ekstra

Jangan membawa makanan secukupnya saat mendaki, bawalah sedikit lebih banyak. Makan makanan dari tumbuhan di alam bisa berbahaya jika kamu tidak tahu apakah itu bisa dimakan atau tidak.

Baca juga:  Meski Ada Larangan, Warga Masih Nekat Mendaki ke Puncak Gunung Agung

9. Air Minum Ekstra

Selain makanan ekstra, kamu juga harus membawa air lebih banyak. Di trek pendakian kamu akan jarang menemukan sumber air yang dapat diminum, jadi lebih baik membawanya dari rumah.

10. Pakaian Ekstra

Cuaca bisa saja berubah. Mungkin saat pergi mendaki cuaca sedang terik, tapi bisa saja cuaca mulai berubah saat kamu berada di tengah-tengah pendakian. Jadi, sebaiknya kamu membawa pakaian ekstra untuk berjaga-jaga jika pakaianmu kotor atau basah.

Saat pergi mendaki, pastikan sepuluh benda di atas sudah ada di dalam tasmu. Setelah itu, kamu bisa mendaki dengan aman dan tenang. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *