Nakes sedang melakukan skrining sebelum vaksinasi COVID-19. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Karangasem mulai memberikan pelayanan kepada masyarakat umum untuk melakukan vaksinasi booster dosis kedua. Hanya saja, hingga saat ini masih sangat minim masyarakat yang menjalani vaksinasi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, Kamis (26/1) mengungkapkan, kesadaran masyarakat masih minim untuk melakukan vaksinasi booster kedua tersebut. “Dari data yang kita miliki, sejak Selasa (24/1/) sampai saat ini baru ada sekitar 3.267 orang yang melakukan vaksinasi dari 132 ribu target sasaran. Bahkan dari semua itu 2.000 orang merupakan tenaga kesehatan, 1.000 orang lansia dan 267 usia 18-59 tahun,” ujarnya.

Baca juga:  Rendah!!! Motivasi Warga Denpasar Cegah COVID-19

Putra mengatakan sejatinya vaksin booster dosis kedua ini sangat penting bagi masyarakat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena setelah melaksanakan booster pertama, enam bulan setelah itu sistem kekebalan tubuh mulai menurun. Sehingga perlu booster kedua supaya tubuh kembali maksimal.

“Saya sangat berharap masyarakat sadar bahwa vaksin booster dosis kedua sangat penting. Dan kami berharap warga mau datang ke Faskes terdekat untuk melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Baca juga:  Buleleng Juga Batasi Operasional Supermarket dan Toko Modern

Menyikapi kondisi ini, ia mengaku sudah rapat dengan Sekda. Rencananya, dibuat surat edaran langsung dari Sekda atau Bupati agar masyarakat berusia 18 tahun ke atas segera melakukan vaksinasi booster dosis kedua di fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN