Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Cokelat merupakan makanan yang banyak digemari, terutama karena rasanya yang manis. Ada banyak jenis cokelat, salah satunya adalah dark chocolate atau cokelat hitam.

Dilansir dari John Hopkins Medicine, cokelat hitam mengandung antioksidan kuat yang memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat cokelat hitam untuk tubuh :

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidan yang terkandung dalam cokelat hitam terbukti dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko pembekuan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah ke jantung. Ini dapat menurunkan risiko penyakit stroke, penyakit jantung koroner, dan kematian akibat penyakit jantung.

Baca juga:  Pasar Hewan Beringkit Terancam "Lockdown" hingga Pertemuan G20 Berakhir

2. Menyeimbangkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan flavonol dapat mencegah sistem kekebalan menjadi overdrive dan mengurangi stress oksidatif, yang merupakan ketidakseimbangan yang disebabkan oleh sel yang melawan radikal bebas dan penyebab banyak penyakit.

3. Mencegah Diabetes

Epicatechin dapat melindungi sel, membuatnya lebih kuat, dan mendukung proses yang membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih baik, sehingga dapat mencegah atau melawan diabetes.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Baca juga:  Peta Risiko COVID-19 Bali Memburuk, Dua Kabupaten Balik ke Zona Merah

Kandungan flavonol dalam cokelat hitam juga memiliki dampak positif pada fungsi otak, seperti waktu reaksi yang lebih baik, kesadaran visual-spasial, dan daya ingat yang lebih kuat. Salah satu alasannya adalah karena flavonol meningkatkan aliran darah ke otak.

5. Meningkatkan Performa Atletik

Epicatechin yang terkandung dalam cokelat hitam juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat dalam darah, yang mendukung sirkulasi dan mengurangi jumlah oksigen yang digunakan atlet saat melakukan olahraga intens. Hal ini memungkinkan atlet untuk mempertahankan intensitas latihan lebih lama.

Baca juga:  Khawatir Insiden Bade Tumpang Sembilan Roboh Jadi Klaster COVID-19, Gugus Tugas akan Lakukan Ini

6. Mengurangi Stres

Cokelat hitam juga dapat mengurangi stres karena kadar hormone stres kortisol berkurang setelah mengonsumsi cokelat hitam. Hal ini mungkin juga terkait dengan efek cokelat hitam pada kesehatan jantung, karena stres merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *